Lima Fakta Menyeramkan Kondisi Bumi Saat Ini, Bikin Miris!

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Seiring berjalannya waktu, kondisi Bumi saat ini terbilang sudah sangat menyedihkan. Faktor kerusakan yang dilakukan oleh manusia, membuat planet Bumi yang semakin tua, juga perlahan mulai hilang keindahannya. Padahal, Bumi adalah satu-satunya rumah bagi manusia.

22 April diperingati sebagai Hari Bumi, dan diharapkan adanya kepedulian dari manusia untuk menjaga alam dan lingkungan yang menjadi tempat tinggalnya. Berikut beberapa fakta yang paling menarik dan mengkhawatirkan tentang bumi

1. Rusaknya Hutan

Saat ini, kondisi kerusakan hutan sudah memasuki tahap danger. Berdasarkan data tahun 2017, didapati Bumi telah kehilangan hutan sekitar 15,8 juta hektar atau seluas 40 lapangan bola dalam hitungan menit. selain itu, dalam 10 tahun belakangan ini, didapati bahwa Hutan Hujan Amazon telah kehilangan wilayahnya hingga mencapai sekitar 60 ribu kilometer persegi.

2. Mencairnya Kutub Utara

Akibat dampak dari pemanasan global yang terjadi disetiap harinya, membuat kondisi di Kutub Utara hingga hari ini terus mengalami pencairan. Menurut NASA, Kutub Utara saat ini telah kehilangan es laut sebanyak 12,8 persen dalam satu dekade terakhir. Hal tersebut lantas akan menyebabkan tingginya permukaan laut di dunia.

3. Suhu Bumi Semakin Panas

Berdasarkan perhitungan NASA, planet Bumi semakin menghangat sejak sepuluh tahun terakhir, bahkan suhu panas bumi mencapai sekitar 1° Celcius. Hal tersebut diketahui sejak mulainya Revolusi Industri.

4. Tercemarnya Air Sungai

 Diketahui, kondisi sungai-sungai, tepatnya di Ghana sudah mengalami pencemaran hampir sekitar 75 persen akibat dari praktik pertambangan emas. Bahkan di Indonesia sendiri, didapati sekitar 82 persen dari 550 sungai yang tersebar di seluruh Indonesia sudah tercemar dan kritis. Dua sungai dengan kondisi pencemaran terparah yakni Sungai Ciliwung di DKI Jakarta dan Sungai Citarum di Jawa Barat.

5. Menumpuknya Sampah Plastik

Kapasitas sampah plastik di Bumi makin hari makin meningkat. Bahkan diketahui, sampah plastik sudah mulai memenuhi lautan dan membuat sebagian hewan-hewan laut mati akibat tersedak sampah plastik.

Diketahui, manusia sendiri telah membuang sampah plastik ke laut hingga mencapai 80 juta ton setiap dekade. Dan diperkirakan, hingga tahun 2050 mendatang, jumlah sampah plastik sendiri akan lebih banyak dibandingkan populasi ikan di lautan. (Mega Puspita)

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini