Peluang Inggris Lolos ke Liga Champions

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Persaingan memperebutkan tiket ke Liga Champions di Liga Premier Inggris sangat ketat. Terlepas dari Liverpool dan Manchester City, setidaknya ada tujuh tim yang bersaing finis di empat besar. Bagaimana peluangnya?

Liverpool sudah dinobatkan sebagai juara Liga Premier Inggris, sementara Manchester City hampir dipastikan takkan terlempar dari posisi empat besar. Artinya, tinggal menyisakan dua tiket lagi untuk lolos ke Liga Champions musim depan.

Saat ini Chelsea ada di peringkat tiga dan Leicester di posisi empat. Tapi, jarak poin mereka dengan peringkat di luar lima besar tak terlalu jauh. Bukan tak mungkin di akhir musim The Blues, julukan Chelsea, dan The Foxes, julukan Leicester City, terlempar dari empat besar.

Dari 34 laga, Chelsea mengemas 60 poin, sementara Leicester City mengumpulkan 59 poin. Posisi lima dan enam berturut-turut ditempati Manchester United (55 poin), dan Wolverhampton Wanderers (52 poin). Sebagai catatan, MU baru memainkan 33 pertandingan. Mereka akan berhadapan dengan Aston Villa, Jumat 10 Juli 2020 dini hari WIB di Villa Park.

Di posisi tujuh ada Sheffield United (51 poin), kemudian Arsenal (50 poin), Burnely (49 poin), dan Tottenham Hotspur (48 poin). Dengan jarak poin yang relatif dekat, bukan tak mungkin komposisi posisi empat besar di akhir musim berubah. Semua bisa terjadi dengan menyisakan empat laga atau maksimal 12 poin.

Meski berada di peringkat tiga, posisi Chelsea rawan tergusur. Dari empat laga tersisa, tim besutan Frank Lampard akan menghadapi dua lawan yang sama-sama bersaing masuk ke kompetisi Eropa. Lawan klub London Barat selanjutnya adalah Sheffield United, Norwich, Liverpool, dan Wolverhampton.

Posisi Leicester City juga belum aman. Mereka akan menjalani empat laga yang cukup sulit. Mungkin hanya Bournemouth yang bisa dikatakan lawan ringan. Selain itu, tim asuhan Brendan Rodgers akan menantang Sheffield United, Tottenham Hotspur, dan Manchester United.

Lantas, bagaimana dengan peluang tim-tim yang saat ini berada di luar posisi empat besar? Manchester United mempunyai peluang bagus menyalip ke posisi empat besar. Selain sedang dalam penampilan terbaik, tim dengan julukan Setan Merah mendapat lawan yang relatif lebih ringan. Mereka akan menantang Aston Villa, Southampton, Crystal Palace, West Ham United, dan Leicester City. Batu sandungan terbesar mungkin berasal dari Leicester City.

Wolverhampton dan Sheffield United juga masih berpeluang menembus posisi empat besar. Hanya saja, mereka minim pengalaman dalam pekan-pekan krusial seperti ini. Tapi, bukan berarti dua tim yang tampil mengejutkan musim ini tak punya peluang. Dari empat laga tersisa, Wolverhampton akan menghadapi Everton, Burnley, Crystal Palace, dan Chelsea.

Sementara itu, Sheffield United punya lawan-lawan lebih berat. Mereka akan menantang Chelsea, Leicester City, Everton, dan Southampton. Chelsea dan Leicester City jelas bukan lawan mudah. Tapi, jika mereka bisa mengalahkan Chelsea dan Leicester City, kans menembus empat besar terbuka lebar.

Arsenal, yang di awal musim terseok-seok, kini mulai membaik. Klub London Utara tak pernah kalah dalam lima laga terakhir. Peluang lolos ke Liga Champions masih ada, tapi mungkin lebih realistis lolos ke Liga Europa di posisi lima atau enam. Lawan tersisa tim besutan Mikel Arteta adalah Tottenham Hotspur, Liverpool, Aston Villa, dan Watford.

Demikian juga dengan Tottenham. Kans lolos ke Liga Champions masih ada, tapi rasanya Harry Kane dkk. berpeluang lebih besar lolos ke Liga Europa. Apalagi lawan tersisa cukup berat, yakni Bournemouth, Arsenal, Newcastle United, Leicester City, dan Crystal Palace. Burnley juga diyakini berpeluang lolos ke Liga Europa ketimbang Liga Champions.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini