Home News Libur Lebaran, Basarnas Terjunkan Ribuan Personel

Libur Lebaran, Basarnas Terjunkan Ribuan Personel

0
229
Ilustrasi Basarnas
Ilustrasi Basarnas

MINEWS, JAKARTA – Ribuan personel Badan SAR Nasional (Basarnas) disiagakan di sejumlah objek-objek wisata yang biasa ramai pengunjung saat libur Lebaran. Wilayah-wilayah strategis, seperti pelabuhan, bandara dan terminal pun tak luput dari penjagaan Basarnas.

Seluruh personel tersebut siaga mulai 28 Mei-13 Juni 2019 di 38 kantor SAR, 77 pos SAR dan 354 posko Lebaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara jalur mudik yang menjadi prioritas utama adalah jalur-jalur di Sumatera.

“Personel yang terlibat sejumlah 3.500 orang, termasuk dari TNI dan Polri di tingkat provinsi dan kabupaten/kota,” kata Kepala Basarnas Marsdya TNI Bagus Puruhito usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2019 di Silang Monas, Jakarta, Selasa 28 Mei 2019.

Selain personel, sejumlah peralatan utama yang dimiliki Basarnas untuk darat, laut dan udara disiapkan. Di antaranya empat helikopter disiagakan di wilayah Trans Sumatera, Pantura-Pantusel, Jakarta-Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

“Intinya kami siap, namun imbauan dan harapan kami semoga tidak ada masalah dan tidak ada bencana mau pun kecelakaan,” ucap Bagus.