Letusan Gunung di Tonga, AS Keluarkan Peringatan Tsunami

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Gelombang tsunami yang disebabkan oleh letusan gunung berapi bawah laut melanda negara Pasifik, Tonga. Selain negara-negara di kawasan Pasifik, Amerika Serikat (AS) juga mengeluarkan peringatan tsunami.

Peringatan tsunami berlaku untuk Pantai Barat AS, yakni Alaska dan Hawaii. “Tsunami sedang terjadi,” kata Pusat Peringatan Tsunami Nasional Layanan Cuaca Nasional AS, melansir  CBS News.

“Menjauh dari pantai dan menuju ke tempat yang tinggi,” sambungnya, memperingatkan bahwa gelombang pertama mungkin bukan yang terbesar.

Peringatan tsunami – yang berarti gelombang berbahaya sedang dalam perjalanan – dikeluarkan untuk daerah-daerah yang membentang dari California selatan ke garis pantai Alaska, menurut pusat peringatan:

• Pantai California dari perbatasan California-Meksiko hingga perbatasan Oregon-California, termasuk Teluk San Francisco.

• Pesisir Oregon dari perbatasan Oregon-California hingga perbatasan Oregon-Washington, termasuk pantai muara Sungai Columbia.

• Pantai luar negara bagian Washington dari perbatasan Oregon-Washington hingga Slip Point, pantai muara Sungai Columbia, dan pantai Selat Juan de Fuca.

• Pantai utara British Columbia, dan Haida Gwaii, pantai tengah dan timur laut Pulau Vancouver, pantai barat terluar Pulau Vancouver, pantai Selat Juan de Fuca.

• Pantai dalam dan luar Alaska Tenggara dari perbatasan BC-Alaska hingga Cape Fairweather, Alaska.

• Alaska Selatan dan Semenanjung Alaska: Pantai Pasifik dari Cape Fairweather, Alaska, hingga Unimak Pass, Alaska.

• Kepulauan Aleut: Unimak Pass, Alaska, ke Attu, Alaska termasuk Kepulauan Pribilof.

“Tsunami saat ini sedang diamati oleh Manajemen Darurat semua Kepulauan. Kami lega bahwa tidak ada kerusakan yang dilaporkan dan hanya banjir kecil di seluruh pulau,” demikian pernyataan cuit Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

Peringatan itu dikeluarkan setelah gunung berapi bawah laut meletus pada Sabtu (15/1) di dekat negara Tonga di Pasifik. Peringatan pun tsunami berlaku untuk seluruh negeri dengan gelombang setinggi 2,7 kaki terdeteksi, menurut Layanan Meteorologi Tonga.

Di Alaska, aktivitas tsunami diperkirakan akan terjadi pada pukul 06.00 pagi waktu setempat. Fort Bragg California diperkirakan akan pukul 7:35, disusul Bay Area pada pukul 8:10 pagi.

Di Washington, gelombang tsunami diperkirakan akan menghantam Long Beach mulai pukul 08:35, diikuti oleh daerah lain.

Kantor Layanan Darurat Gubernur California mengatakan ketinggian tsunami diperkirakan 1-2 kaki berdasarkan apa yang terlihat di Hawaii. Warga di sepanjang pantai didesak untuk menjauh dan diminta ke tempat yang tinggi.

“Arus kuat dan tidak biasa diperkirakan akan terjadi di sepanjang pantai, dan di teluk, marina, dan pelabuhan,” kata pusat peringatan tsunami AS.

Di Alaska, setiap gelombang yang menghantam diperkirakan akan berdampak pada garis pantai yang menghadap ke selatan.

“Kami tidak mengeluarkan peringatan untuk panjang garis pantai ini seperti yang telah kami lakukan – saya tidak yakin kapan terakhir kali – tetapi itu benar-benar bukan pengalaman sehari-hari,” Dave Snider, koordinator peringatan tsunami untuk tsunami. pusat peringatan di Palmer, Alaska.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antisipasi Konvoi Kelulusan Pelajar, Polres Bantul Bakal Gelar Patroli

Mata Indonesia, Yogyakarta - Pengumuman kelulusan SMA, SMALB dan SMK akan dilaksanakan Rabu (7/5/2024). Polres Bantul mengimbau agar para pelajar tidak melakukan konvoi. "Kami mengimbau para siswa tidak melakukan konvoi yang dapat menggangu ketertiban umum dan masyarakat pengguna jalan," kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn, Minggu (5/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini