Lanud Abdulrachman Diperkuat 9 Pesawat Tempur, Apa Saja Jenisnya?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Dua pesawat jenis Cassa 212 dan Pesawat Amphibi bakal memperkuat Lanud Abdulrachman Saleh tahun ini. Rencananya Sembilan unit akan didatangkan ungkap Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsekal Pertama (Marsma) Hesly Paat.

Empat unit untuk pesawat Cassa dan lima unit pesawat Amphibi. Jenis pesawat yang didatangkan akan menambah kekuatan di Skuadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang.

“Kita tengah menyiapkan sarana dan prasarananya. Fasilitas itu disiapkan di Skuadron Udara 4, dimana akan menerima penambahan pesawat baru,” ujar Hesly, Senin 4 Maret 2019.

Hesly mengaku, Skuadron Udara empat telah memiliki 12 pesawat jenis Cassa 212. Tentunya, kedatangan baru pesawat baru menambah koleksi alutsista di skuadron tersebut. “Sudah ada 12 unit, nanti ditambah empat. Ya totalnya 16 pesawat Cassa,” katanya.

Diungkapkan, selain Cassa penambahan alutsista juga diperuntukkan pada jenis Amphibi. Dulunya, kata Hesly, pesawat jenis yang sama pernah ada, yakni di tahun 70-an bernama Albatros.

Menurut dia, kedua pesawat itu memiliki kemampuan handal dalam membantu operasi TNI AU. “Amphibi akan bisa mendukung kekuatan TNI AU di darat maupun di laut,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Hesly juga menuturkan rencananya pendirian Skuadron Udara 33 yang dikhususkan untuk pesawat angkut Hercules di Makassar. “Penambahan skadron ini, memungkinkan akan menambah kebutuhan pesawat Hercules,” katanya.

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini