Lama Menghilang, Pendiri Alibaba Jack Ma Muncul di Belanda, Pindah?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Lama tak terdengar kabarnya, pendirki Alibaba Jack Ma kedapatan muncul di Eropa dengan berkunjung ke Belanda, setelah sebelumnya berada di negara Spanyol.

Sebelumnya, Jack Ma sempat hilang dari pandangan publik sejak Januari 2021. Kini, salah satu orang terkaya di Asia itu diketahui mengunjungi lembaga penelitian di Belanda.

Berdasarkan laporan South China Morning Post (SCMP), Rabu 27 Oktober 2021 Jack Ma sedang mengejar minatnya dalam teknologi pertanian. Hal ini juga dilakukan oleh Ma ketika berkunjung ke Spanyol.

Pada Oktober 2021, Jack Ma pernah muncul di Hong Kong dimana pada momen tersebut dirinya bertemu dengan beberapa rekan bisnis, berdasarkan dua sumber terpercaya kepada Reuters.

Setelah itu, Jack Ma diketahui terbang ke pulau Mallorca di Spanyol tempat kapal pesiar mewah miliknya berlabuh.

Kemunculan Jack Ma di Pulau Mallorca tersebut merupakan pertama kali ke publik, setelah dirinya “lenyap” setelah melontarkan kritik pedas terhadap sistem keuangan pemerintah Tiongkok.

Saat berkunjung ke Belanda, SCMP, media Hong Kong milik Alibaba tersebut mempublikasikan tiga foto Jack Ma.

Dalam dua foto tersebut, tampak miliarder asal Tiongkok itu mengenakan gaun pelindung putih dan memegang pot bunga. Sementara di foto ketiga, dirinya menggunakan jeans dan hoodie.

Adapun keterangan yang menyertakan foto itu bertuliskan, Jack Ma sedang menganalisis teknologi aluminium buatan BOAL Systems.

Mengutip informasi dari Reuters, miliarder yang sudah pensiun sebagai bos Alibaba pada 2019 ini akan melakukan tur ke berbagai perusahaan Eropa, dan lembaga penelitian yang terkait dengan infrastruktur agrikultur.

Kabarnya, Jack Ma berencana untuk menggabungkan teknologi milik Alibaba, seperti cloud, big data, dan AI untuk membantu memodernisasi pertanian Tiongkok.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini