Konsorsium Arab Saudi Beli Newcastle United

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Klub Liga Inggris Newcastle United kini resmi diakuisisi oleh konsorsium dari Arab Saudi melalui Public Investment Fund. Pembelian ini terjadi  pada Kamis 7 Oktober 2021 WIB.

Menurut laporan The Independent, pengambilalihan Newcastle United telah selesai. Konsorsium Arab Saudi telah menggulingkan era kepemimpinan Mike Ashley. Premier League memberi keterangan resmi bahwa sengketa antara pihak-pihak terkait telah beres.

“Premier League, Newcastle United, dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan sengketa pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners, dan RB Sports & Media. Setelah selesainya Premier League’s Owners’ and Directors’ Test, klub telah terjual ke konsorsium,” tulis Premier League.

Premier League kini telah menerima jaminan yang mengikat secara hukum. Kerajaan Arab Saudi tidak akan mengendalikan Klub Sepak Bola Newcastle United.

“Semua pihak senang telah menyelesaikan proses ini yang memberikan kepastian dan kejelasan kepada Klub Sepak Bola Newcastle United dan para penggemarnya,” ujar Premier League.

Grup investor yang berisikan Public Investment Fund, PCP Capital Partnes, serta RB Sports & Media telah menyelesaikan akuisisi 100 persen kepemilikan klub yang bermarkas di St. James’ Park tersebut.

Pihak Public Investment Fund menjadi investor terbesar dengan menyediakan 80 persen dana untuk proses akuisisi tersebut. Sehingga menjadi pemilik mayoritas klub.

Biaya total akuisisi tersebut dilaporkan mencapai nilai 300 juta pounds atau sekitar Rp 5,8 triliun.

Menurut keterangan Football Daily, nanti pembagian konsorsiumnya adalah 80 persen dipegang PIF Arab Saudi, 10 persen oleh pengusaha bernama Amadan Staveley, dan 10 persen oleh Reuben Brothers.

Proses akuisisi Newcastle United oleh Arab Saudi sebelumnya sempat terhambat. Hal ini karena isu pembajakan hak siar Liga Inggris yang marak di negara tersebut. Namun, masalah tersebut akhirnya beres. Arab Saudi mencapai resolusi dengan pihak BeIN Sports yang memegang hak siar Liga Inggris di kawasan Timur Tengah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini