KONI Berharap PON Papua Jadi Ajang Pemersatu Bangsa di Masa Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ajang PON XX Papua diharapkan mendatang momentum perubahan bagi seluruh masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman pun menaruh harapan besar bagi even olahraga antar daerah tersebut.

“Saya harap PON bisa jadi momentum kebangkitan Indonesia dari Covid-19. Saya optimistis PON Papua akan menjadi wadah pemersatu bangsa, seluruh kontingen di Indonesia dan warga Papua bersatu untuk merayakan pesta olahraga terbesar di Indonesia,” katanya, Kamis 9 September 2021.

Ia juga yakin kalau PON Papua akan berjalan lancar. Hal itu karena persiapan ajan tersebut sangat matang. KONI memastikan seluruh aspek pendukung dari sektor keamanan, kesehatan, hingga akomodasi berjalan dengan baik untuk kesuksesan ajang olahraga terbesar di Indonesia itu.

Di sisi lain, KONI mengakui bahwa sektor keamanan di Papua sangat dinamis, namun dipastikan masih dalam kendali unsur pengamanan. Untuk atlet juga akan disediakan pengamanan internal dari Polri dan Kodam setempat yang mengikuti kelompok kontingen di Papua.

“Kami sudah menyiapkan prosedur keamanan untuk tindakan darurat. Jadi mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan agar situasi tetap aman,” ujarnya.

Marciano menegaskan untuk penanggulangan Covid-19 juga akan dilakukan melalui prosedur yang sangat ketat. Mulai dari keberangkatan hingga tiba di Papua, para kontingan daerah harus dipastikan negatif Covid-19 melalui uji usap PCR.

Hal yang sama juga berlaku bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi penyelenggaraan PON Papua. Marciano menyebutkan hingga sekarang tingkat vaksinasi di area sekitar venue mencapai 73 persen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini