Ketersediaan Pangan Asal Ternak Dipastikan Aman Jelang Ramadan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Jelang ramadan, Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan pemantauan ketersediaan daging sapi, ayam dan telur di beberapa lokasi seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera Selatan.

“Pemantauan terus kami lakukan dengan melibatkan Kementerian/Lembaga terkait dan Dinas Provinsi/Kab/Kota, serta kita buat laporan setiap hari,” kata Tri Melasari Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Jumat 1 April 2022.

Tri Melasari juga menyampaikan, Kementerian Pertanian terus melakukan pemantauan melalui Petugas Informasi Pasar (PIP) yang tersebar di Provinsi/Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Sistem jaringan informasi pasar melalui PIP ini membantu pemerintah memantau ketersediaan stok, harga dan jumlah produksi di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga jika membutuhkan intervensi, maka dapat dilakukan dengan cepat,” katanya.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan di Pasar Palimo Palembang Sumatera Selatan tampak bahwa stok bahan pangan seperti daging sapi, daging ayam dan telur tercukupi.

“Berdasarkan data yang kami terima dari provinsi, tercatat bahwa neraca ketersediaan daging sapi, daging ayam ras dan telur surplus jika dibanding dengan kebutuhan tiap minggunya,” katanya.

Adapun rata-rata kebutuhan daging sapi/kerbau di Provinsi Sumatera Selatan perminggunya adalah sebanyak 493 ton, sedangkan jumlah ketersediaan daging sapi/kerbau di Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 526 ton.

Untuk daging ayam ras tercatat kebutuhan perminggu sebanyak 1,18 ribu ton, sedangkan jumlah ketersediaannya mencapai 1,67ton. Terkait telur ayam ras, kebutuhan perminggunya tercatat 1,26 ribu ton dan jumlah ketersediaan telur ayam ras di Provinsi Sumatera Selatan adalah sebanyak 2,53 ribu ton.

Sebagai salah satu lokasi pengembangan Desa Korporasi Sapi, Sumatera Selatan juga terus memastikan ketersediaan sapi siap potongnya. Berdasarkan data yang terkumpul sampai 30 Maret 2022, tercatat ada 2.508 ekor Potensial stock untuk sapi potong di Sumatera Selatan. Adapun jumlah sapi siap potong (ready stock) sebanyak 1.263 ekor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini