Keren! Mobil Polisi Bernama Bobota Ini Punya Fitur Canggih, Apa Aja Sih?

Baca Juga

MATA INDONESIA, BOJONEGORO – Baru-baru ini Polres Bojonegoro di Jawa Timur memamerkan alat canggih berbentuk mobil polisi yang digunakan untuk menindak para pelanggar protokol kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19 ini. Alat canggih tersebut diberi nama Bobota.

Aksi Bobota ini turut diunggah akun Instagram @polisi_indonesia. Robot ini siap memberikan himbauan dan sanksi bagi masyarakat yang tidak mau patuh terhadap aturan tersebut.

Lantas, apa hebatnya Bobota?

Berbeda dengan mobil polisi lainnya, mobil bisa berjalan sendiri tanpa adanya sopir. Seperti mobil remote control, mobil ini memiliki ukuran yang kecil dari mobil polisi biasanya.

Terdapat 5 fitur yang disematkan pada mobil polisi unik satu ini. Fitur-fitur ini diutamakan menindak para pelanggar protokol kesehatan.

Pertama, sebuah kamera ALPR (Automatic License Plate Recognition) yang berfungsi untuk mendeteksi tanda nomor kendaraan bermotor secara otomatis. Boboto akan menyimpan data nomor kendaraan bermotor pelanggar saat kegiatan patroli. Alat ini juga dilengkapi alarm apabila ada nomor kendaraaan yang masuk dalam blacklist.

Fitur kedua yakni AI Camera (FaceMask Detection Alert). Fitur ini memiliki fungsi mendeteksi setiap masyarakat yang tidak menggunakan masker dan dilengkapi dengan himbauan untuk penggunaan masker.

Fitur ketiga bernama Video Call yang digunakan untuk berkomunikasi 2 arah antara masyarakat dan petugas guna untuk meminimalisir kontak langsung. Announcement Speaker dilengkapi dengan 4 buah speaker yang dapat digunakan untuk memberikan pengumuman, himbauan, dan juga play audio.

Fitur keempat berupa Mobile Traffic Light yaitu modul lampu pengaturan lalu lintas 4 arah yang dilengkapi dengan extension ketinggian yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan. Jadi jika ada lampu lalu lintas mati, mobil ini bisa menjadi alternatif pengganti lampu lalu lintas yang mati.

Fitur terakhir berupa PTZ Camera 270 dan Camera 360 merupakan kamera yang dapat berputar baik 270 atau 360 yang bertujuan untuk mengetahui kondisi dari arah tertentu.

View this post on Instagram

@humaspolresbjn BOBOTA merupakan inovasi Polres Bojonegoro berbasis informasi teknologi. BOBOTA karya asli anggota Polres Bojonegoro, asli Bumi Angling Darma. Fungsi dari robot tsb antara lain : 1. Kamera ALPR (Automatic License Plate Recognition) : Kamera yang dapat mendeteksi tanda nomor kendaraan bermotor secara otomatis, merekam, serta menyimpan data nomor kendaraan bermotor. Sehingga pendataan plat nomor kendaraan dapat dilakukan pada saat kegiatan patroli, dan dilengkapi alarm apabila ada nomor kendaraaan yang masuk dalam blacklist. 2. AI Camera (FaceMask Detection Alert) Menggunakan pemanfaatan AI dan IoT yang dapat mendeteksi setiap masyarakat yang tidak menggunakan masker dan dilengkapi dengan himbauan untuk penggunaan masker. 3. Video Call merupakan salah satu fitur untuk berkomunikasi 2 arah antara masyarakat dan petugas guna untuk meminimalisir kontak langsung. Announcement Speaker dilengkapi dengan 4 buah speaker yang dapat digunakan untuk memberikan pengumuman. himbauan, dan juga play audio. 5. Mobile Traffic Light yaitu modul lampu pengaturan lalu lintas 4 arah yang dilengkapi dengan extension ketinggian yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan. 6. PTZ Camera 270ᵒ dan Camera 360ᵒ merupakan kamera yang dapat berputar baik 270ᵒ atau 360ᵒ yang bertujuan untuk mengetahui kondisi dari arah tertentu. @humaspoldajatim @divisihumaspolri @polisipoldajatim @polisi_indonesia @netizenpoldajatim @ntmc_polri @budihendrawans

A post shared by polisi_indonesia (@polisi_indonesia) on

Wah keren ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini