Kelinci Terlangka Asli Sumatera Nyaris Dijual

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nyaris saja, species kelinci belang langka dari Sumatera, hewan langka di dunia ini hilang dari Indonesia. Seorang warga yang memiliki satwa ini menjualnya melalui akun Facebook.

Kelinci belang sumatra (Nesolagus netscheri), yang dikenal sebagai hewan paling langka di dunia, berhasil telah diselamatkan petugas satwa liar Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi setelah ditemukan diunggah seorang petani Jambi di Facebook.

Kelinci Belang Sumatera
Kelinci Belang Sumatera

Spesies kelinci belang merupakan salah satu hewan paling angka di dunia. Jumlahnya tidak lebih dari seratus ekor di dunia. Spesimen kelinci itu tersimpan pada abad 20 di museum Belanda. Keberadaannya sempat menghilang sebelum akhirnya tampak melalui tangkapan kamera. Kelinci belang sumatra juga masuk dalam kategori Daftar Merah oleh IUCN (International Union for Conservation of Nature). Artinya, ia termasuk kategori hewan terancam punah.

Facebook

Setelah posting penjualan muncul di Facebook, komunitas konservasi, Fauna and Flora International (FFI) dan petugas Taman Nasional Kerinci Seblat bergerak cepat melacak penjual dan menyelamatkan hewan langka yang tak ternilai harganya itu.
Petugas bertemu dengan penjualnya yang berprofesi sebagai petani. Menurut pengakuannya, petani itu menangkap kelinci secara kebetulan di tepi sungai yang baru saja banjir deras. Kelinci Belang Sumatera ini mengalami luka ringan di bagian panggulnya, kemungkinan terjadi selama banjir bandang. ”Begitu petani yang menangkap kelinci ini mengerti kelangkaannya, dia senang melihatnya kembali ke taman nasional,” kata Deborah Martyr, seorang manajer program Fauna & Flora International (FFI), seperti dikutip Channel News Asia.

Martyr mengatakan petugas dari taman nasional menjelaskan kepada petani apa yang dia miliki. ”Begitu petani yang menangkap kelinci ini memahami kelangkaannya, dia senang melihatnya kembali ke taman nasional,” katanya.

Hewan endemik itu kini telah lepas dan kembali dengan aman ke hutan. Petugas melepaskannya di lokasi berdasarkan data lokasi pantauan kamera yang ada. Pergerakan kelinci belang sumatera bisa terpantau secara luas dengan kamera.

Kelinci kelinci belang Sumatera punya panjang kurang dari 40 sentimeter dan memiliki bulu abu-abu dan garis-garis hitam khasnya. Kelinci ini memiliki kilauan mata oranye saat terlihat di malam hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini