Kebijakan PPnBM Pemerintah Dongkrak Penjualan Mobil

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Apresiasi diberikan oleh para perusahaan otomotif di Indonesia terkait kebijakan relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang berlaku mulai bulan lalu untuk kendaraan 1.500 cc ke bawah.

Hal itu dirasakan sakah satunya oleh perusahaan mobil Toyota yang penjualan kendaraan roda empatnya melonjak 111 persen pada Maret 2021 dibandingkan bulan sebelumnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah atas dukungannya melalui penetapan kebijakan relaksasi PPnBM pada Maret lalu. Kami bersyukur kebijakan ini memberikan dampak positif terhadap Industri otomotif,” kata Wakil Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di Jakarta.

Ia mengatakan dengan penjualan ritel lebih dari 26.000 unit pada Maret 2021, market share Toyota menembus 34,1 persen. Jumlah penjualan ritel pada Maret 2021, lanjut dia, juga meningkat 48,7 persen dibandingkan Maret tahun lalu.

“Melihat hasil baik ini, kami optimis secara bertahap pasar otomotif nasional mulai bangkit dan kembali bergairah,” ujar Henry.

Pada kuartal I (Januari–Maret) 2021 penjualan mobil nasional mencapai 178.450 unit, sedangkan Toyota membukukan penjualan ritel sebesar 54.274 unit, sehingga market share Toyota di kuartal I 2021 sebesar 30,4 persen.

Pada Maret 2021, kata dia, pasar ritel secara nasional mencapai 77.511 unit, meningkat 65 persen jika dibandingkan dengan bulan Februari, dan juga masih lebih tinggi 28 persen dibandingkan Maret 2020.

“Pencapaian penjualan (Toyota) ini berawal dari peningkatan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang pada Maret mencapai 40.847 unit atau naik 81 persen dibandingkan Februari sebesar 22.512 unit,” katanya.

Dengan diberlakukannya perluasan relaksasi PPnBM mulai April ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah pembelian kendaraan lebih banyak lagi sehingga memberi dampak positif pada pasar otomotif dan perekonomian nasional secara keseluruhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini