Kasus Dugaan Korupsi di Asabri Lanjut, Polri Tunggu Audit BPK

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Polri memastikan kasus dugaan korupdi di PT Asuransi Sosial Angkatan Darat Bersenjata RI (Persero) atau Asabri tetap lanjut.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono berkata, Bareskrim saat ini masih menunggu hasil audit yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Dasar dari kasus ini sebenarnya yang paling utama adalah hasil audit BPK RI ada kerugian negara atau tidak,” kata Awi di Jakarta, Kamis 12 November 2020.

“Dari situlah nanti penyidik akan mendalami semuanya dari hasil audit, kita tunggu sama-sama hasil audit BPK RI,” ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, ada tiga laporan yang tengah diselidiki pihak kepolisian dalam kasus dugaan korupsi di Asabri.

“Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) menunggu bagaimana hasil perkembangannya. Karena pada intinya dalam tiga laporan itu obyek perkaranya sama, yaitu tindak pidana korupsi terkait penyimpangan kepada tata kelola investasi dan kegiatan lainya yang dijalankan oleh PT Asabri Tbk sampai tahun 2019,” kata Awi, Selasa 10 November 2020.

Untuk laporan pertama itu teregistrasi dengan nomor A077/II/2020 Dittipideksus tanggal 7 Febuari 2020. Sejak ada laporan tersebut, polisi langsung melakukan penyidikan dari penyelidikan.

Penyidik sejauh ini sudah memeriksa sebanyak 43 saksi, dan menyita sejumlah laporan keuangan serta dokumen.

Selanjutnya, untuk laporan berikutnya terdaftar dengan nomor A0175/III/Bareskrim, tanggal 24 Maret 2020. Sebulan setelah laporan itu masuk, polisi langsung menaikan status dari penyelidikan menjadi penyidikan.

Dilakukan penyidikan mulai tanggal 22 April 2020 telah melakukan pemeriksaan sebanyak 6 orang.

Berikutnya untuk laporan ketiga itu tertuang dan terdaftar dengan nomor 63/I/25/2020 SPKT PMJ, tanggal 15 Januari 2020. Kasus ini naik ketingkat penyidikan pada 15 Febuari 2020.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hujan Deras masih jadi Ancaman di DIY, BPBD Perpanjang Masa Siaga Darurat Bencana

Mata Indonesia, Yogyakarta - BPBD DIY telah memutuskan untuk memperpanjang masa siaga darurat bencana dari tanggal 1 Maret - 31 April 2024. Sebelumnya, masa siaga darurat bencana berlangsung dari tanggal 20 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini