Kabar KST Papua Tembak 4 Personil Polisi di Polsek Sungapa Ternyata Hoaks

Baca Juga

MATA INDONESIA, SUNGAPA – Kontak senjata kembali terjadi antara personel TNI-Polri dengan kelompok separatis dan teroris (KST) Papua di Kabupaten Intan Jaya, Papua, Kamis 18 November 2021.

Menurut juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom malah menyebarkan berita hoaks. Ia mengatakan bahwa pihaknya kembali terlibat kontak senjata dengan TNI-Polri di Intan Jaya.

Sebby menyebut, berdasarkan laporan Komandan Operasi TPNPB Kodap 8 Intan Jaya Undius Kogeya, pihaknya berhasil menembak lima anggota TNI-Polri.

“Dalam kontak senjata ini kami TPNPB berhasil tembak lima anggota pasukan teroris, yaitu TNI-POLRI, empat tewas dan satu luka-luka. Dan pihak TPNPB Kodap 8 Intan Jaya belum ada yang korban,” katanya dalam keterangannya yang dikutip pada Jumat 18 November 2021.

Sebby pun meminta kepada masyarakat sipil untuk segera mengosongkan wilayah Intan Jaya. Peringatan ini ia sampaikan karena pasukan TPNPB-OPM sudah menyatakan mulai perang terhadap TNI-Polri.

Selain itu, Sebby menuturkan, Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni juga sempat meminta kepada TPNPB-OPM agar menghentikan perang. Ia bahkan mengklaim bahwa Natalis hendak memberikan uang sebesar Rp 1,6 miliar kepada TPNPB-OPM untuk berdamai dan menghentikan perang.

Namun, Sebby mengaku, pimpinan TPNPB-OPM menolak tawaran uang tersebut. Sebab, menurut dia, pihaknya melakukan serangan bukan untuk mendapatkan uang, melainkan menuntut kemerdekaan bagi Papua.

Kaops Satgas Nemangkawi Brigjen Ramdani Hidayat, pun meluruskan kabar tersebut. Ia menjelaskan bahwa KST Papua melepaskan tembakan sebanyak empat kali yang mengarah ke Polsek Sugapa. Aparat keamanan yang berjaga di lokasi tersebut sempat melakukan tembakan balasan.

Namun, karena jarak yang cukup jauh, insiden baku tembak itu hanya berlangsung sebentar. Ramdani pun memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka dari anggota TNI-Polri ataupun masyarakat sipil.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa baik dari masyarakat maupun dari TNI-Polri. Kalau dari KKB kita belum tahu,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini