Juni 2020 Jakarta akan Gelar Balap Mobil Listrik Formula E

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Jakarta akan menggelar ajang balap mobil internasional. Jenis mobilnya adalah mobil listrik.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah menunjuk PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai penyelenggara ajang adu cepat mobil ini. Pihak Jakpro menyatakan akan menggelar ajang balap mobil listrik ini pada Juni 2020 mendatang.

Menurut Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto bulan Juni dipilih karena bertepatan dengan acara perayaan ulang tahun Jakarta, Jakarta Fair. Ia memperkirakan akan banyak wisatawan dari dalam atau luar negeri.

Supaya memudahkan transportasi ke ajang balap mobil ini, Jakpro akan mengandeng PT TransJakarta untuk memudahkan pengunjung untuk berkunjung ke dua acara itu.
“Kita sedang tanda tangan business to business untuk menggunakan Transjakarta,” ujar Dwi di Pulau D Reklamasi, Jakarta Utara, Sabtu 17 Agustus 2019.

Untuk persiapan balapannya, Dwi menyebut pihaknya akan membuat rancangan matang. Ia masih menunggu standar yang diberikan oleh pihak penyelenggara Formula E, Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Nantinya standard yang diberikan FIA akan disesuaikan dua bulan sebelum balapan dimulai. Ia mencontohkan kualitas aspal yang dimiliki lintasan di Jakarta nantinya harus memadai. “Aspal sudah harus siap 2 bulan sebelum event, supaya tidak terkelupas saat digunakan karena kecepatan mobil ini hampir 300 kilometer per jam,” kata Dwi.

Formula E atau nama resminya FIA Formula E Championship, adalah balap mobil kursi tunggal yang menggunakan energi listrik. Kejuaraan ini digagas pertama kali pada tahun 2012, dan musim perdananya dimulai di Beijing pada bulan September 2014. Kejuaraan ini disetujui oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA). Alejandro Agag adalah pendiri dan CEO Formula E Holdings.

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini