Jokowi Bocorkan Trend Pariwisata Usai Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Jokowi mengingatkan akibat Pandemi Covid19 akan mengubah sektor pariwisata habis-habisan. Hal itu akan menciptakan trend pariwisata di dunia.

Menurut Jokowi hal yang bakal mendasari menggerakkan sektor itu adalah berdasarkan isu kesehatan, higienis serta aman dan nyaman. Hal itu pula yang menjadi pertimbangan utama wisatawan akan melakukan liburan atau melancong.

Wisawatawan juga akan cenderung memilih alternatif liburan yang tidak banyak orang seperti solo travel, wellness tour termasuk staycation (liburan di tempat sekitar).

Karena itu, para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif harus betul-betul mengantisipasi terjadinya perubahan tren ini dan kita harus betul-betul bisa mencium perubahannya ke arah mana.

Itu sebabnya, Jokowi mengingatkan semua pihak pelaku bisnis pariwisata inovasi, melakukan perbaikan-perbaikan sehingga bisa cepat beradaptasi dengan perubahan tren yang kemungkinan besar nanti akan terjadi di dunia pariwisata global.

Kedua, pariwisata harus menjawab isu soal kesehatan di sektor tersebut yang ditandai dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di transportasi, hotel, restoran dan area wisata lainnya.

Jokowi meminta para menterinya mempelajari negara yang sudah menerapkannya dan jadikan patokan.

Ketiga, sektor pariwisata betul-betul harus disiapkan menerapkan sebuah standar baru, menjadi sebuah kultur baru, kebiasaan baru di sektor pariwisata.

Maka, perlunya sosialisasi yang masif, diikuti uji coba, diikuti simulasi-simulasi dan juga perlunya dimulai sekarang ini pengawasan, agar betul-betul standar protokol kesehatan itu dijalankan di lapangan.

Dia juga mengingatkan risiko menjalankan bisnis pariwisata di tengah Pandemi adalah merebaknya imported case. Karenanya, dia minta para pemangku kebijakan benar-benar menghitung secara cermat dengan manajemen pengawasan yang sangat baik.

Karenanya sebelumnya itu perlu diidentifikasi destinasi wisata yang memiliki R0 di bawah 1, Rt-nya di bawah 1.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini