Jepang Temukan Partikel Hitam dalam Botol Vaksin Moderna

Baca Juga

MATA INDONESIA, TOKYO – Prefektur di Kanagawa Jepang mengatakan telah menemukan botol lain vaksin Covid-19 Moderna Inc yang diduga mengandung zat asing. Akibatnya, pemerintah Jepang pun menangguhkan sisa dosis vaksin Moderna.

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa (31/8), otoritas prefektur mengatakan seorang apoteker menemukan beberapa partikel hitam dalam satu botol setelah memeriksa zat asing sebelum penggunaan vaksin Moderna.

Pada pekan lalu, pemerintah Jepang menangguhkan penggunaan 1,63 juta dosis suntikan Moderna. Keputusan ini diambil setelah sepekan distributor domestis menerima laporan adanya kontaminan di beberapa botol.

Perusahaan farmasi Moderna dan Spanyol Rovi – yang membotolkan atau mengisi dan menyelesaikan vaksin Moderna, melaporkan penyebabnya bisa menjadi masalah manufaktur, dan regulator keamanan Eropa telah meluncurkan penyelidikan.

Sementara pihak Moderna mengatakan tidak ada masalah keamanan atau kemanjuran yang telah diidentifikasi dari masalah tersebut. Dan menambahkan bahwa penangguhan tersebut hanya sebagai tindakan pencegahan.

Prefektur Kanagawa mengatakan distributor domestik vaksin, Takeda Pharmaceutical Co Ltd, telah mengumpulkan vial yang diduga mengandung kontaminan dan sekitar 3.790 orang yang telah menerima suntikan dari lot yang sama.

Lebih banyak suntikan Moderna dihentikan sementara di dua wilayah lain selama pekan ini. Dalam beberapa kasus, zat asing telah ditemukan dalam botol yang tidak digunakan, sedangkan yang lain tampaknya disebabkan ketika bagian dari sumbat karet botol pecah ketika jarum dimasukkan secara tidak benar.

Takeda tidak segera menanggapi permintaan komentar atas insiden Kanagawa. Perusahaan memposting pemberitahuan di situs webnya yang mengatakan bahwa pada kesempatan selama pembuatan, bahan sumbat karet dapat tercampur ke dalam larutan vaksin.

Staf medis disarankan untuk melakukan inspeksi visual pada botol vaksin, sebagai langkh antisipasi apabila ditemukan perubahan warna atau bahan asing sebelum digunakan, kata pemberitahuan itu, melansir Reuters, Rabu, 1 September 2021.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini