Jepang Siap Berinvestasi Biayai Proyek Pembangunan EBT

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Nobumitsu Hayashi siap membiayai sejumlah proyek di Indonesia khususnya di sektor energi.

Kesepakatan kerjasama itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat bertemu di Hotel Imperial Tokyo, Jepang, Senin 25 Juli 2022 lalu.

Beberapa proyek infrastruktur utama yakni Pembangkit Listrik Tanjung Jati-B, Jawa 1, dan pembangkit panas bumi Sarulla dan Muara Laboh, serta proyek LNG Tangguh.

“Proyek-proyek ini menyediakan sumber energi yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan ekonomi Indonesia,” kata Airlangga.

Airlangga mengatakan fokus Indonesia beberapa tahun ke depan untuk memulihkan ekonomi dan kembali mencapai pertumbuhan ekonomi tinggi berkelanjutan yang salah satunya didukung oleh ketersediaan infrastruktur energi.
Pemerintah segera mengambil langkah konkret untuk melaksanakan transisi energi ke Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai Nationally Determined Contributions (NDC) pengurangan emisi karbon 29 persen pada 2030.

Pemerintah Jepang juga telah melakukan banyak kolaborasi dengan Indonesia dalam pengurangan emisi karbon. Salah satunya melalui skema Joint Crediting Mechanism (JCM).
“Skema ini juga sedang dipertimbangkan sebagai bagian dalam kerja sama pendanaan JBIC dengan Indonesia dalam program transisi energi,” kata dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini