Jelang Panen Raya, Harga Beras Turun

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Harga Gabah Kering Panen (GKP) menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) mengalami penurunan sampai ke level 4,46 persen, begitu juga dengan beras medium yang turun 1,04 persen.

Dalam catatan BPS, selama Februari 2019 ini rata-rata GKP berkisar Rp 5.114 per kilogram, sedangkan beras di penggilingan dibanderol rata-rata Rp 10.008 per Kg.

Menurut Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti, semua harga item tersebut mengalami penurunan dibanding bulan sebelumnya.

“Biasanya puncaknya Maret atau April, transisinya begitu. Makanya bulan depan mungkin naik lagi,” kata Yunita di Jakarta, Jumat 1 Maret 2019.

Yunita menjelaskan penurunan harga gabah dan beras itu menjadi andil dalam turunnya Nilai Tukar Petani (NTP) secara nasional. Tercatat NTP turun sampai sebesar 0,37 persen menjadi 102,94 dibanding bulan sebelumnya.

BPS menyebut, penurunan ini dipengaruhi oleh 2 2 dari 5 subsektor pertanian yang juga alami penurunan NTP, yaitu Subsektor Tanaman Pangan (0,80 persen) dan Subsektor Tanaman Hortikultura (1,47 persen).

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini