MATA INDONESIA, BANDUNG – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar meraih tiga penghargaan Public Relations Indonesia Awards 2022.
Penghargaan diberikan pada acara The 7th Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2022, yang diselenggarakan Majalah PR INDONESIA di PO Hotel Semarang, Jawa Tengah.
Tiga penghargaan yang disabet Jawa Barat, yakni Gold Winner dalam Kategori Aplikasi, Bronze Winner dalam Kategori Medsos, dan masuk sebagai Pemenang dalam Kategori Terpopuler di Media Cetak 2021.
Penerimaan penghargaan untuk Pemda Provinsi Jabar diwakili oleh Kepala Seksi Layanan Digital dan Informasi Jabar Digital Service Dinas Komunikasi dan Informasi Jabar Gumilar.
Adapun Aplikasi yang meraih Gold Winner adalah Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar) dan Bronze Winner bagi konsep Duo Dynamic akun Instagram Humas Jabar dan Jabarprovgoid.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Ika Mardiah mengatakan penghargaan ini sebagai motivasi untuk melakukan pelayanan digital yang semakin prima.
“Kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Capaian ini menunjukkan inovasi digitalisasi telah dilakukan oleh Pemda Provinsi Jawa Barat di masa pandemi,” ujarnya.
“Penganugerahan ini juga menjadi motivasi bagi kami untuk melakukan akselerasi inovasi dengan teknologi canggih, sehingga Provinsi Jawa Barat mampu menjalankan pemerintahan dan layanan publik lebih efektif dan efisien,” katanya.
Pikobar merupakan aplikasi satu pintu untuk koordinasi dan media penyampai informasi publik dalam penanganan Covid-19 di Jabar. Pikobar dikembangkan oleh Jabar Digital Service (JDS ) Diskominfo Jabar, dilengkapi ragam fitur pendukung kedaruratan pandemi, juga untuk fasilitasi masyarakat.
Ragam fitur pendukung tersebut antara lain Fitur Data Covid-19, Informasi Vaksinasi, Keterisian Bed Rumah Sakit, Hotline Pikobar, Nomor Darurat, Isolasi Mandiri (Isoman), dan Cari Oksigen.
Terakhir, Pemdaprov Jabar meraih penghargaan sebagai Pemdaprov Terpopuler di Media Cetak. Pada ketegori ini, pemenang secara khusus dinilai oleh panitia bekerja sama dengan KAZEE Digital berdasarkan data berbasis jumlah eksposur dengan tonality positif di 174 media cetak mainstream di Indonesia, sepanjang periode 1 Januari-31 Desember 2021.