Jangan Terbuai Kasus Covid-19 yang Landai, Varian XE Sudah Mengintai

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meski kasus covid-19 di Indonesia sudah landai namun dokter Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, dr. Andi Khomeini Takdir mengingatkan masyarakat Indonesia harus tetap waspada.

Menurutnya, kewaspadaan di bandara dan pelabuhan harus ditingkatkan kembali karena varian XE sudah terdeteksi di Thailand.

“Thailand melaporkan kasus Covid19 yang disebabkan varian XE,” ujar lelaki dengan panggilan Dokter Koko yang pesannya dilihat Selasa 5 April 2022.

Varian itu pertama teridentifikasi di Inggris yang melaporkan varian tersebut merupakan kombinasi dari Omicron BA.1 dan subvarian BA.2.

Jenis itu disebut sering muncul dan menghilang begitu saja. Epidemiolog Rumah Sakit Anak Boston, John Brownstein menjelaskan varian itu tidak menyebabkan masalah besar bagi kesehatan masyarakat.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengungkapkan kasus pertama varian XE terjadi pada 19 Januari 2022.

Asumsi awal menduga varian XE bisa lebih menular dibanding Omicron subvarian BA.2 tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Sebab, belum tentu varian itu menyebabkan sakit yang lebih parah dari Omicron.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini