Home News Jalan Trans-Papua Sejahterakan Perekonomian Tanpa Abaikan Faktor Lingkungan

Jalan Trans-Papua Sejahterakan Perekonomian Tanpa Abaikan Faktor Lingkungan

0
181
Jalan Trans Papua

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pembangunan Jalan Trans-Papua di harus memberikan manfaat bagi masyarakat asli Papua. Pengamat tata kota Nirwono Yoga menegaskan bahwa di tengah situasi sosial dan budaya yang mengakar kuat di tanah Papua, upaya dialog dan edukasi menjadi cara untuk menampung aspirasi masyarakat.

“Mengingat sosial budaya Papua yang mengakar kuat, maka masyarakat harus diedukasi tentang keamanan dan manfaat dari pembangunan proyek Jalan Trans-Papua,” kata Nirwono kepada Mata Indonesia News, Kamis 1 April 2021.

Nirwono juga mengingatkan agar pembangunan jalan Trans-Papua tidak hanya memberikan manfaat bagi perekonomian, namun perhatian juga harus diberikan pada lingkungan yang ada di sekitar proyek.

Faktor lingkungan juga penting untuk diperhatikan, supaya area di sekitar pembangunan jalan Trans-Papua tetap aman.

“Pengendalian tata ruangnya juga harus diperhatikan, supaya tidak terlalu berdampak pada lingkungan sekitar,” kata Nirwono.

Sejauh ini, di awal tahun 2021, sebagian Jalan Trans-Papua sudah mulai rampung dan antar wilayah pun sudah terhubung, salah satunya Jayapura-Wamena. Sebelumnya, untuk pergi kedua wilayah tersebut, harus menggunakan biaya yang cukup besar.

Pembangunan jalan ini termasuk dalam proyek strategis nasional dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Tujuan pembangunan ini untuk mempermudah perkembangan ekonomi di masing-masing wilayah, sehingga masyarakat lebih maju.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here