Jadi Menu Favorit Nabi, Roti Gandung Makanan Pokok Masyarakat Islam Sejak Dulu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Siapa yang tidak mengenal roti? Semua orang baik muda ataupun tua pasti mengenal makanan yang terkenal dari bangsa eropa ini.

Biasanya roti digunakan sebagai menu sarapan ataupun menjadi camilan saat bersantai. Bentuk dan juga rasanya yang semakin bervariasi menjadikan roti tidak pernah terasa membosankan ketika dikonsumsi.

Roti diketahui, merupakan makanan olahan tertua di dunia. Bukti dari 30.000 tahun lalu di Eropa memperlihatkan residu tepung di permukaan bebatuan yang digunakan untuk menumbuk makanan.

Namun, sekitar tahun 10.000 SM, dengan munculnya era neolitikum dan perkembangan pertanian, biji-bijian menjadi bahan utama roti. Berdasarkan sebuah catatan sejarah, makanan berbahan dasar tepung satu ini kali pertama dikembangkan di daerah Mesopotamia dan juga Mesir.

Tak banyak orang tahu, bahwa roti gandum merupakan makanan pokok masyarakat islam. Roti tersebut dinamakan tanmur yang penyajiannya dengan cara dipanggang di dalam oven tembikar.

Bahkan, roti gandum menjadi makanan favorit Nabi Muhammad SAW, dimana hidangan itu disebut tharid yakni roti yang dibasahi kaldu dan dilapisi dengan daging.

Awal mulanya roti gandum disukai oleh Rasulullah, dulu dikisahkan bahwa suatu ketika Rasulullah mengajak Jabir bin Abdullah ke rumah salah satu istrinya. Ketika mereka berdua sampai, istri Rasulullah mengeluarkan roti gandum.

Rasulullah dan Jabir memakan roti gandum tersebut bersama dengan cuka. “Ini adalah makanan terbaik penduduk dunia dan penduduk akhirat,” kata Rasulullah ketika diberi hidangan roti gandum sebagaimana hadits riwayat Ibnu Majah.

Terkadang Nabi Muhammad SAW memakan roti dengan lauk pauk semangka atau kurma. Beliau bersabda “Ini lauknya ini”. Kurma beliau gunakan untuk menambah kelembaban pada roti gandum.Ada kalanya beliau memakan roti dengan cuka.

Ternyata manfaat roti gandung tidak bisa dipandang sebelah mata. Gandum memiliki unsur glukosa yang rendah jika dibandingkan dengan makanan pokok lainnya semisal beras. Gandung mengandung senyawa “Folic Acid” yang berfungsi mengurangi dan menyembuhkan Penyakit Jantung Koroner,

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini