Iriana, Ibu Negara yang Gemar Jajan Snack Kiloan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hj. Iriana, sekarang dikenal sebagai ibu negara Indonesia dikenal dengan penampilan yang sederhana.

Masyarakat bisa melihatnya saat mendampingi Bapak Jokowi saat melakukan kegiatan kepresidenannya. Kegemarannya pun amat sangat sederhana dan merakyat yaitu jajan snack kiloan.

Iriana lahir pada tanggal 1 Oktober 1963 di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.
Ia merupakan anak pertama dari lima bersaudara pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi. Iriana lahir dari keluarga guru, sebab ayah dan kakeknya adalah pengajar. Sang kakek lah yang memberi nama Iriana.

Iriana adalah seorang siswa yang baik meski tidak menonjol. Namun, dia tidak pernah berusaha memanfaatkan jabatan ayahnya yang seorang guru untuk mendapat nilai bagus.

Awal mula pertemuan dengan Jokowi, saat Iriana masih remaja. Dia mempunyai teman sekolah bernama Iit Sriyanti. Itu adalah adik kandung Jokowi.

Hubungan itu yang membuat Jokowi sering bertemu dengan Iriana. Saat pertama kali Jokowi terpikat pada Iriana, tidak berani mengungkapkannya.

Sampai suatu ketika Jokowi memberanikan diri yang mengajak gadis pujaannya makan bakso dan main sepeda. Saat itu, Jokowi masih kuliah di Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada.

Iriana juga sempat berkuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, namun hanya sampai semester 6. Mengapa tidak dilanjutkan? Karena Jokowi mengajaknya menikah.

Meski begitu, ia tetap mengagumi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Contohnya, ketika Jokowi diminta datang pada acara di kampus-kampus, Iriana memilih tidak ikut.

Namun, jika ada acara di perguruan tinggi Muhammadiyah, Iriana akan langsung ikut untuk mengenang masa kuliahnya.

Jokowi muda pernah mengajak Iriana ke Aceh, saat bekerja di PT Kertas Kraft Aceh. Namun, saat hamil muda, mereka pindah ke Solo untuk menetap hingga Iriana melahirkan.

Iriana adalah pribadi yang mudah berbaur dengan lingkungannya. Dia sangat aktif di PKK saat Jokowi menjabat Wali Kota Solo maupun Gubernur Jakarta.

Iriana juga menyimpan kisah unik menggambarkan pribadi yang sederhana seperti berikut;

  1. Beli Snack di Warung
    Siapa sangka istri seorang presiden ternyata menyukai jajanan kiloan di warung tradisional? Iriana tidak merasa gengsi saat membeli langsung snack kiloan itu. Sementara ibu-ibu pejabat lain mungkin lebih memilih memerintahkan suruhannya setiap ingin membeli sesuatu.
  2. Menyapu
    Seperti ibu rumah tangga pada umumnya, Iriana juga suka kegiatan menyapu. Hal itu diketahui suatu saat Kaesang ngevlog bersama Kahiyang, terdengar suara Iriana mengatakan ‘arep nyapu dulu’ yang artinya ingin menyapu dulu.
  3. Meminta foto bareng artis
    Tak hanya masyarakat yang suka mengajak foto ketika bertemu idola atau artis di suatu tempat, Iriana pun melakukan hal yang sama ketika bertemu Fendy Chow bersama istri saat perjalanan ke Semarang, Jawa Tengah. Iriana mengucapkan selamat atas pernikahan mereka serta meminta foto bersama. (Annisaa Rahmah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini