Intelijen AS Waspadai Kebangkitan Al Qaeda di Afghanistan

Baca Juga

MATA INDONESIA, BERLIN – Pejabat intelijen Amerika Serikat (AS) memperingatkan bahwa kelompok teroris al-Qaeda dapat membangun kembali kekuatannya di Afghanistan dalam satu atau dua tahun ke depan.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Llyod Austin memperingatkan akan kemungkinan al Qaeda kembali berkumpul dan membuat comeback di Afghanistan pasca kepergian pasukan asing di negara tersebut.

Kekhawatiran pun meningkat mengenai apakah Afghanistan dapat sekali lagi berubah menjadi landasan bagi serangan teroris terhadap Paman Sam atau kepentingannya di luar negeri.

“Kami sedang memikirkan cara untuk mendapatkan akses kembali ke Afghanistan dengan semua jenis sumber dan akses,” Letnan Jenderal Scott Berrier, direktur Badan Intelijen Pertahanan, mengatakan dalam sebuah konferensi, melansir Al Arabiya, Rabu, 15 September 2021.

Penilaian tentang potensi kebangkitan dan regenarasi al-Qaeda juga digaungkan oleh Wakil Direktur CIA David Cohen, yang juga berbicara pada konferensi Intelijen dan Aliansi Keamanan Nasional. Cohen mencatat bahwa sejumlah badan intelijen sudah memperhatikan kegiatan al-Qaeda yang membangun kembali kekuatan di Afghanistan.

Pada konferensi yang sama, sehari sebelumnya, Direktur Intelijen Nasional (DNI) Avril Haines tampaknya mengambil sikap berbeda. Haines mengatakan ancaman terbesar bagi AS bukan dari Afghanistan, melainkan dari Yaman, Suriah, Somalia dan Irak.

“Apa yang kami lihat adalah Yaman dan Somalia, Suriah dan Irak. Di situlah kita melihat ancaman terbesar,” kata Haines.

Seperti banyak pejabat AS saat ini dan mantan, Haines mengakui bahwa penarikan dari Afghanistan telah menghambat kemampuan pengumpulan intelijen Washington. Namun demikian, Haines mengatakan AS akan terus memantau setiap kemungkinan pemulihan kelompok teroris di Afghanistan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini