Insentif Dongkrak Penyaluran Kredit ke Sektor Ekonomi Hijau

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Asisten Gubernur sekaligus Kepala Departemen Makroprudensial BI Juda Agung mengatakan, Bank sentral tengah menyiapkan insentif bagi bank yang menyalurkan kredit pada sektor hijau pada 2022.

Langkah ini seiring dengan meningkatnya permintaan pembiayaan oleh perusahaan non hijau di dalam negeri yang tercermin dari penurunan Utang Luar Negeri (ULN) mereka.

Penyaluran kredit keuangan berkelanjutan di dalam negeri terus meningkat. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat total pembiayaan berkelanjutan sebesar 55,9 miliar US dolar atau setara Rp 809,75 triliun. 

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan hampir 50 persen bank di Indonesia yang mewakili 91 persen dari total aset pasar perbankan Indonesia menunjukkan komitmen yang meningkat dalam penerapan keuangan berkelanjutan. 

Bahkan, sustainable Banking and Finance Network (SBFN) pada tahun 2021 memasukkan Indonesia, Republik Rakyat Tiongkok dan Kolombia sebagai negara-negara dalam tahap konsolidasi regulasi keuangan berkelanjutan.

Direktur Keuangan Bank Central Asia (BCA) Vera Eve Lim menyatakan BCA mengapresiasi upaya dan kebijakan pemerintah dalam mendukung tumbuh kembang ekonomi hijau di Indonesia.

Ia menyatakan BCA berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam rangka menumbuhkembangkan ekonomi hijau. 

“Kami mencermati bahwa sustainable finance memiliki dampak langsung dan tidak langsung terhadap berbagai inisiatif dan kegiatan yang mempromosikan perubahan iklim, di antaranya pengurangan emisi serta sektor-sektor usaha yang mengedepankan ekonomi berkelanjutan,” ujarnya.

BCA telah menyalurkan kredit kepada sektor-sektor berkelanjutan yang naik 25,6% yoy menjadi Rp 143,1 triliun per kuartal III-2021. Nilai ini terdiri dari sektor UMKM sebesar Rp 81,9 triliun.

Juga Non UMKM senilai Rp 61,2 triliun mencakup sumber daya alami dan penggunaan lahan berkelanjutan, transportasi ramah lingkungan, energi terbarukan, eco-efficient product, dan sektor hijau lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini