Inovasi, Indonesia Mulai Kembangkan Teknologi Nuklir untuk Tenaga Listrik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tak ingin tertinggal dari negara lain dalam upaya pemanfaatan energi, Indonesia mulai mengembangkan teknologi nuklir untuk tenaga listrik.

Teknologi nuklir ini nantinya untuk memenuhi kebutuhan energi seiring tumbuhnya ekonomi nasional.

“Bagaimanapun kita harus terus memastikan bahwa ke depan ketika Indonesia ekonominya tumbuh, harus ada listrik yang memadai, nah salah satunya menggunakan teknologi nuklir,” kata Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro di Istana Negara, Selasa 20 April 2021.

Penggunaan pembangkit listrik tenaga nuklir yang merupakan energi baru terbarukan juga dapat menurunkan emisi, yang menjadi komitmen Indonesia yang tertuang dalam Persetujuan Paris (Paris Agreement).

“Karena bagaimanpun kesiapan teknologi nuklir harus tetap dijaga, terutama dari unsur keselamatannya baik lokasi maupun teknologi yang menjamin keselamtan dari teknologi tersebut,” katanya.

Seperti diketahui, Indonesia sudah memiliki dan mengembangkan teknologi nuklir sejak puluhan tahun lalu dengan berdirinya Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Namun, pemerintah belum juga memutuskan untuk memanfaatkan nuklir untuk digunakan sebagai pembangkit listrik ke masyarakat. Pemanfaatan teknologi nuklir untuk listrik sendiri sudah dilakukan uji kelayakan (feasibility study) oleh BATAN di beberapa daerah seperti Jepara, Kalimantan Barat dan Bangka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini