Innalillahi, Pengisi Suara Kartun Shin-chan Meninggal Dunia

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Siapa yang tak kenal dengan serial kartun Crayon Shin-chan dan komiknya. Serial manga asal Jepang ini banyak digemari oleh masyarakat di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Namun, kabar duka datang dari aktris pengisi suara karakter anime populer Shin Chan dari versi Mandarin yang dijuluki “Animasi Crayon Shin-chan” meninggal dunia pada Senin 16 September 2019 lalu.

Mengutip Mothership, Chiang Tu-hui meninggal di usia 49 tahun sekitar jam 7:00 pagi waktu setempat karena kegagalan banyak organ dalam. Sebelumnya, Chiang Tu-hui telah didiagnosis menderita kanker serviks stadium 4.

Sebelum meninggal dunia, Chiang Tu-hui sempat mengubah foto profil Facebook-nya. Ia mengubah foto profilnya saat kondisinya dirawat di rumah sakit saat berjuang melawan kanker yang diidapnya. Namun, kanker tersebut membuat gangguan organ dalamnya tak berfungsi dengan baik.

Menurut adik laki-laki Chiang yang menyatakan bahwa peringatan kematian akan dilakukan secara singkat dan tidak akan ada perpisahan di depan umum atau di depan awak media.

Diketahui, Chiang Tu-hu memulai karir akting suaranya di usianya ke 24 tahun. Selain mengisi suara Sin-chan, ia juga meminjamkan suaranya ke beberapa anime Jepang lain dalam versi Mandarin seperti Naruto, Detective Conan, Chibi Maruko-chan, Attack on Titan dan Yu Yu Hakusho.

Seri manga asal Jepang yang juga kerap disebut Shin-chan merupakan manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshito Usui. Manga yang sering ditonton anak-anak ini mengisahkan cerita petualangan seorang anak berusia lima tahun bernama Shinnosuke “Shin” Nohara beserta orangtua, adik bayinya, anjing, tetangga dan teman-temannya.

Manga ini berlatar di Kasukabe, Prefektur Saitama. Shin-chan pertama kali muncul pada tahun 1990 dan sempat terhenti hingga tahun 2009 karena Yoshito Usui meninggal dunia.

Kisah manga ini kemudian dilanjutkan oleh anggota dari kelompok Usui dengan nama New Crayon Shin-Chan pada tahun 2010. Sebenarnya Shin-chan sudah tayang di televisi di TV Asahi pada tahun 1992 dan kemudian berlanjut ke televisi-televisi di luar Jepang dengan menyesuaikan bahasa mereka masing-masing.

Sebelum menyebar ke berbagai negara, salah satu negara yang juga menayangkan seri manga ini adalah Taiwan. Aktris cantik Chiang Tu-hui adalah sosok yang menjadi pengisi suara tokoh Shin-chan.

Ia menjadi pengisi suara versi Mandarin dari Jepang yang kemudian diikuti oleh negara-negara lain dengan berbagai bahasa. Dikenal banyak berkonstribusi, kabar duka datang dari keluarga Chiang Tu-hui bahwa aktris tersebut meninggal dunia akibat kanker.

Berita Terbaru

Pilkada 2024 Kulon Progo: Gerindra dan PPP Pilih Mesra Menangkan Pemilihan November Mendatang

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dalam upaya memperkuat dukungan untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kulonprogo sepakat untuk berkoalisi.
- Advertisement -

Baca berita yang ini