Ini Penjelasan Lengkap TNI AU Soal Penghadangan Pesawat Prabowo Subianto

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Selama dua hari ini, kubu Prabowo – Sandi menuding, TNI AU telah menghalangi pesawatnya terbang. TNI AU menegaskan tidak ada penghadangan dan pembatalan take off di Halim Perdanakusuma dalam dua hari belakangan.

Berdasarkan mantan Kasum JS Prabowo yang kini anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, dua kali pesawat yang ditumpangi calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dihalangi untuk terbang.

Pertama Senin 1 April 2019 saat rombongan Prabowo akan kampanye di Purwokerto dan Selasa 2 April 2019 saat akan take off ke Padang.

Hal itu diungkapkan JS Prabowo melalui akun twitter @marierteman. TNI AU melalui akun twitter terverifikasi @_TNIAU menegaskan dengan gamblang sebagai berikut dengan tagar #takeoffhoax.

Ada tiga pesawat yang akan menggunakan runaway saat pesawat jet Embraer Lineage 1000 dari AirX yang ditumpangi Prabowo Subianto akan take off.

Ketiganya adalah Kalong Flight yaitu pesawat angkut sedang CN-235 #TNIAU, Thunder Flight adalah call sign untuk Sukhoi Su-27/30 #TNIAU dan WON 1721 untuk Wings Air.

Sedangkan, call sign untuk pesawat yang ditumpangi Prabowo adalah 9H-NYC.

Kronologinya antrian take-off adalah Kalong Flight dari R/W 24 yang diikuti 9H-NYC. Saat itu air traffic controller (ATC) terlanjur mengizinkan 9H-NYC take-off sebelum Kalong belok ke arah Selatan atau situasi runaway belum aman.

“Sadar keliru senior ATC controller segera membatalkan take-off 9H-NYC yang terlanjur open power. 👤 #takeoffhoax,” begitu penjelasan admin @_TNIAU.

Jadi @_TNI menegaskan tidak ada pembatalan dan penghadangan oleh pesawat tempur pada Senin 1 April 2019.

Sedangkan kondisi Selasa, 2 April 2019 (WIB) secara berurutan dan rinci admin @_TNIAU menjelaskan sebagai berikut:

10.10: Thunder Flight landed
10.13: 9H-NYC start engine
10.17: 9H-NYC request taxy
10.17: WON 1721 final approach for landing
10.18: 9H-NYC hold on taxyway C
10.20: WON 1721 landed
10.21: 9H-NYC line up for take-off
10.23: 9H-NYC take-off to Padang. 👤

Jadi pesawat tempur #TNIAU tidak ada hubungan sama sekali dengan jadwal 9H-NYC. Sebab pesawat itu delay take-off karena menunggu Wings Air yang sudah final approach untuk landing.

Semoga kultwit klarifikasi ini bisa mencerahkan. #dmmm 👤 #takeoffhoax

Berita Terbaru

Hujan Deras masih jadi Ancaman di DIY, BPBD Perpanjang Masa Siaga Darurat Bencana

Mata Indonesia, Yogyakarta - BPBD DIY telah memutuskan untuk memperpanjang masa siaga darurat bencana dari tanggal 1 Maret - 31 April 2024. Sebelumnya, masa siaga darurat bencana berlangsung dari tanggal 20 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini