Ini Jawaban Ilmuwan Soal Berakhirnya Covid19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pertanyaan umat manusia juga warga negara Indonesia sekarang adalah kapan Covid19 yang sudah menginfeksi lebih dari 195 juta orang di dunia ini akan hilang dari muka bumi?

Jawaban para ilmuwan dunia adalah tidak mungkin Virus Sars-Cov-2 yang menyebabkan Covid19 bisa menghilang dari muka bumi ini.

Menurut laporan BBC, menghapuskan penyakit menular bukan perkara mudah. Hingga hari ini WHO mencatat hanya dua penyakit yang disebabkan virus telah hilang dari muka bumi yaitu cacar dan sampar sapi.

Cacar sebelum dinyatakan hilang dari muka bumi ini pada 1980 telah menyebabkan kematian terhadap 500 juta orang di dunia karena vaksinasi cacar dunia dinyatakan berhasil.

Sayang, menurut epidemiolog London School of Health and Tropical Madicine, David Heyman, tidak ada satupun vaksin Covid19 yang dikembangkan sekarang bisa memberikan efek yang sama seperti vaksin cacar.

Vaksin Covid19 saat ini baru diketahui manfaatnya tidak sakit berat dengan tujuan fasilitas kesehatan kita.

Professor of Medicine di University of East Anglia, Inggris, Paul Hunter menganalisis lebih lanjutn dan meyakini vaksin-vaksin yang ada sekarang tidak akan mencegah kita terinfeksi Covid-19 di masa depan.

“Tidak dapat dihindari, kita akan tertular Covid beberapa kali dalam hidup, terlepas dari apakah kita sudah divaksin atau belum,” ujar Paul.

Namun, Heyman menegaskan lambat laun virus itu berkurang virulensi (keparahannya), baik karena bermutasi maupun akibat sebagai besar penduduk sudah divaksin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini