Ini Dua Pelatih Penting dalam Karier Messi

Baca Juga

MATA INDONESIA, BARCELONA – Lionel Messi memuji dua pelatih Pep Guardiola dan Luis Enrique. Keduanya berperan besar dalam karier Messi hingga saat ini.

Messi meraih banyak kesuksesan di bawah asuhan Guardiola dan Enrique. Guardiola melatih Barcelona periode 2008-2012. Selama empat musim, Messi memenangkan 14 trofi. Di level personal, pemain asal Argentina itu memenangkan tiga Ballon d’Or, dua Sepatu Emas, dan dua kali pencetak gol terbanyak LaLiga.

Sementara itu, Enrique melatih Barcelona periode 2014-2017. Selama tiga musim, Messi memenangkan sembilan trofi. Di level individu, pemain 33 tahun itu memenangkan satu Ballon d’Or, Sepatu Emas, dan top skorer LaLiga.

Dua pelatih tersebut memiliki arti penting dalam karier Messi. Tak salah pemain jebolan akademi Barcelona, La Masia, itu memberikan pujian.

“Pep punya sesuatu yang istimewa. Dia membuat Anda melihat hal-hal dalam satu cara. Bagaimana dia mempersiapkan diri sebelum pertandingan, dia mengatakan pada Anda seperti apa pertandingan nanti, bagaimana cara menyerang untuk menang,” kata Messi, dikutip dari Marca, Minggu 27 Desember 2020.

“Saya beruntung bisa berlatih di bawah asuhan Guardiola dan Enrique, dua pelatih terbaik. Bersama mereka, saya tumbuh lebih kuat secara fisik dan mental. Mereka juga banyak memberikan ilmu bijaksana secara taktikal,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini