Ini Cara Tepat Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Saat Hari Raya Idul Adha biasanya stok daging di rumah berlimpah dan tidak mungkin dihabiskan dalam sehari. Nah, biasanya memasukan daging ke dalam freezer merupakan cara yang paling ideal untuk menyimpannya agar bisa bertahan lama.

Namun perlu diketahui, bahwa menyimpan daging di mesin pembeku bukan berarti daging tidak rusak lho! Ada beberapa cara yang tepat untuk memastikan kualitas daging tetap baik ketika diolah nanti.

  1. Cuci bersih daging

Cuci daging di bawah air mengalir hingga bersih dan tak ada darah yang menetes. Jangan pernah merendam daging dalam wadah saat mencuci, karena bakteri atau kuman akan tetap menempel saat dikeluarkan dari air. Setelahnya, jangan dibiarkan terlalu lama di suhu ruang, karena daging yang basah rentan terkontaminasi bakteri.

  1. Keringkan sebelum disimpan

Bakteri dan kuman sangat suka lingkungan lembab, termasuk pada daging yang basah. Untuk itu, jangan langsung disimpan begitu daging dicuci. Keringkan dulu dengan paper towel atau tisu dapur yang punya tekstur lebih kasar dan cepat menyerap air.

  1. Simpan dalam wadah kedap udara

Kalau ingin menyimpan daging dalam waktu lama, pastikan wadah yang kamu gunakan kedap udara. Bisa memasukkan daging dalam tempat plastik, seperti produk Tupperware atau menggunakan plastik vakum.

  1. Simpan daging dalam potongan-potongan kecil

Demi kualitas daging yang awet dan tahan lama, begitu menerima bongkahan daging, jangan langsung memasukkan ke dalam freezer. Sebaiknya simpan setelah dibagi menjadi beberapa bagian.

Kalau sudah disimpan dalam beberapa bagian kecil, kamu cukup mencairkan sebagian daging yang perlu dimasak saat itu saja. Sisanya bisa tetap disimpan dengan aman dalam freezer.

  1. Hindari mencampur beberapa jenis daging

Agar tetap terjaga kualitasnya disarankan untuk tidak menyimpan jenis daging berbeda secara bersamaan. Hal ini karena masing-masing daging punya masa tahan yang berbeda. Kalau ada salah satu yang lebih dulu busuk, akan mempengaruhi kualitas daging lain yang seharusnya masih baik-baik saja.

  1. Bumbui daging sebelum disimpan

Menyimpan daging yang telah dibumbui ternyata menyebabkan masa ketahanannya lebih panjang. Untuk bumbunyam bisa gunakan bawang putih, garam, gula, dan kunyit. Bahan-bahan tersebut bersifat antibakteri, sehingga membantu mmatikan bakteri penyebab kebusukan pada daging.

  1. Simpan dalam freezer dengan suhu tepat

Suhu minimal mesin pendingin atau freezer adalah 18 derajat Celcius. Dalam suhu ini, daging sapi bisa bertahan hingga 3-4 bulan. Sedangkan, ikan dapat bertahan sekitar 6 bulan dan ayam bertahan lebih lama lagi, hingga satu tahun. Namun, semua tergantung pada masing-masing kondisi daging sebelum disimpan.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini