Indonesia Termasuk Negara yang Berhasil Tangani Pandemi Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menangani pandemi Covid-19.

Menurut Presiden Joko Widodo, hal itu terbukti dari kemampuan Indonesia yang cukup dapat mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Pertama, kita termasuk negara yang berhasil dalam menangani pandemi. Kasus penyebaran Covid-19 cukup bisa kita kendalikan,” ujar Jokowi saat menyampaikan sambutan pada CNBC Economic Outlook 2022 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 22 Maret 2022.
Keberhasilan ini menjadi salah satu fondasi yang baik bagi Indonesia saat mengawali 2022. Dengan terkendalinya situasi pandemi, perekonomian di Tanah Air sepanjang tahun 2020-2021 terus bergerak. ”Salah satunya karena kita tidak pernah lockdown. Dan ini mempermudah untuk akselerasi perekonomian di tahun 2022,” ujarnya.
Fondasi kedua, Indonesia telah memulai reformasi struktural yakni dengan diterbitkannya UU Cipta Kerja dan dilakukannya penyederhanaan birokrasi untuk investasi. Menurut Jokowi keduanya merupakan fondasi besar yang hasilnya mulai dapat dinikmati pada 2022. Fondasi ketiga, langkah-langkah hilirisasi juga sudah berlangsung besar-besaran pada 2021.
Ekspor bahan baku dihentikan dan pemerintah mendorong untuk hilirisasi di dalam negeri. “Tahap demi tahap hilirisasi akan semakin tinggi, akan semakin meningkat, dan akan terus ini menggerakkan ekonomi serta menciptakan lapangan kerja di dalam negeri,” ujar Jokowi.
Fondasi keempat, fondasi ekonomi digital sebagai basis ekonomi baru juga sudah cukup kuat sejak tahun lalu. Antara lain karena sudah ada decacorn dan unicorn di dalam negeri yang jumlahnya terus bertambah.

“Hal ini sebagai bukti bahwa infrastruktur digital semakin meluas dan ekosistem digital juga semakin kondusif,” kata Jokowi.

“Dengan fondasi-fondasi tersebut, saya meyakini kita bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi kita jauh lebih baik di 2022 ini,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Papua Terus Berkembang Pesat Sejak Menjadi Bagian Integral NKRI

Papua, sejak ditetapkan sebagai bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), telah menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam berbagai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini