Indonesia Terdepan Dapat Vaksin Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Negara G20 dalam Presidensi G20 Indonesia saat ini sedang mendiskusikan pembiayaan dan penanganan pendistribusian vaksin Covid-19 secara merata.

Menurut Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo , Indonesia termasuk salah satu negara yang terdepan dalam hal memperoleh vaksin Covid-19. Meskipun pengirimannya sempat terkendala.

”Bayangkan itu ada di Afrika, di negara-negara kepulauan di Asia Pasifik, kepulauan kecil Fiji, Tonga, Samoa, mungkin vaksinasi di sana baru sekitar 20-30 persen dari kita yang saat ini herd immunity kita secara nasional sudah mendekati 60 persen,” katanya, Senin 21 Maret 2022.

Pada Juni 2021 lalu saat varian Covd-19 Delta merebak, pengiriman vaksin dari India, Amerika Serikat, dan Inggris sempat terhenti. “Pengiriman kontrak delay dari sisi pengiriman, termasuk kita terkena, kita sempat alami vaksinasi rate turun karena tidak ada supply,” ujarnya.

Oleh karena itu, Indonesia akan mendorong kesepakatan antarnegara G20 untuk membangn sentra produksi vaksin di beberapa negara. Diskusi tersebut pada pertemuan negara G20 pada April mendatang.

Menurutnya, Indonesia akan menjadi salah satu negara yang beruntung dengan adanya lisensi untuk vaksin Covid-19. Sehingga bisa produksi di Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini