Indonesia Tak Bisa Tawar Kuota Haji ke Pemerintah Arab Saudi Tahun Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Indonesia, termasuk pemerintah mana pun di dunia tidak bisa mengajukan penawaran kuota haji tahun ini.

Hal itu karena kuota masing-masing negara sudah ditentukan langsung oleh Pemerintah Arab Saudi.

Seperti banyak diberitakan tahun ini Indonesia hanya mendapat kuota 100.051 jemaah haji.

Kuota itu terdiri dari 92.825 orang untuk jemaah haji reguler dan 7.226 untuk jemaah haji khusus.

“Pemberian kuota haji tahun 1443 H/2022 M tidak dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu melalui penandatangan MoU antardua negara yang diwakilkan oleh Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi dan Menteri Agama RI,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief dalam pernyataan tertulis yang dikutip Kamis 5 Mei 2022.

Hilman mengungkapkan kuota itu diberikan secara langsung oleh Pemerintah Arab Saudi melalui e-Haj tanpa ada proses negoisasi seperti sebelum pandemi.

Maka, saat ini, Kementerian Agama sedang fokus melakukan persiapan sebaik mungkin agar pemberangkatan jemaah haji perdana pasca pandemi berjalan lancar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini