Indonesia Raih Rp 10,2 Miliar dari Importir Meksiko

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia berhasil mendapatkan transaksi hingga 714 ribu dolar AS atau Rp10,2 miliar dalam acara penandatangan kesepakatan dagang antara eksportir Indonesia dengan importir Meksiko.

Penandatanganan antara PT Asia Garment Internasional dengan Pareos Del Mar dan antara PT Stone Mall Indonesia dengan Sukabumi Stone Mexico secara daring pada Selasa, 16 Februari 20202.

”Selain berdampak positif bagi perdagangan kedua negara, produk-produk tersebut mampu menjadi penggerak bagi produk kreatif lainnya dari Indonesia untuk masuk ke pasar Meksiko. Kementerian Perdagangan sangat mendukung eksportir Indonesia untuk lebih mengembangkan pasarnya,” ujar Direktur Promosi dan Citra Kementerian Perdagangan Merry Maryati, Kamis 24 Februari 2022.

Kepala ITPC Mexico City Husodo Kuncoro Yakti mengatakan banyak produk Indonesia yang diminati warga Meksiko. Mulai dari corak kain sarung pantai, pakaian pantai, pakaian musim panas. Lalu, ada produk batu natural dalam bentuk bak cuci tangan, dekorasi dinding eksterior maupun interior, serta kolam renang dan bak mandi.

“Produk Indonesia memiliki kesan selaras dengan alam, indah, dan eksotik. Hal itu ternyata banyak penggemarnya,” ujar Husodo.

Penandatangan komitmen dagang merupakan sinergi Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Mexico City bersama dengan KBRI Mexico City. Kepala ITPC Mexico City Husodo Kuncoro Yakti menyampaikan, importir Meksiko yang mengimpor produk Indonesia tersebut menyatakan kepuasannya terhadap produk Indonesia.

Kementerian Perdagangan mencatat, total perdagangan nonmigas Indonesia–Meksiko pada 2021 mencapai 1,3 miliar dolar AS atau meningkat 46,2 persen dari tahun sebelumnya. Adapun impor nonmigas pada 2021 tercatat 307 juta dolar AS atau meningkat 14 persen dari 2020.

Duta Besar LBPP RI untuk Meksiko Cheppy T. Wartono mengutarakan, kesepakatan bisnis ini bukan yang pertama kalinya antara pihak yang berkepentingan. Hal ini menunjukkan adanya kesepakatan yang saling menguntungkan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini