Indonesia Fokus Kembangkan Susu Organik Nasional dengan Denmark

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pemerintah terus berupaya mengembangkan berbagai sektor untuk menarik investor dari negara lain agar berinvestasi. Terbaru Indonesia bersama Denmark akan fokus mengembangkan susu organik nasional.

Hal itu, sebagai hasil kesepakatan kerja sama the 4th joint agriculture working group Indonesia-Denmark pada strategic sector cooperation (SSC).

Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementan, Makmun, mengatakan, proyek SSC yang telah berlangsung selama satu tahun itu merupakan kemitraan setara antara Indonesia dan Denmark, khususnya dalam pengembangan susu organik.

Seluruh pembahasan dan kesepakatan, dilakukan bersama dengan melibatkan peternak sapi perah di sentra produksi serta pihak swasta untuk pengolahannya.

Salah satu peternak sapi yang dilibatkan adalah Koperasi Peternak Sapi Perah Setia Kawan, yang merupakan koperasi peternak sapi perah di Pasuruan Jawa Timur. Koperasi ini telah menyatakan kesiapannya menjadi pilot project dalam memproduksi susu organik.

“Kegiatan pilot project ini dimaksudkan untuk membangkitkan kelembagaan kelompok peternak agar mampu mengelola usaha peternakan khususnya meningkatkan kualitas dalam menghasilkan produk organik,” katanya.

Selain itu, pembangunan pertanian organik juga diperlukan di era globalisasi. Sebab, bisa mendukung tumbuhnya dunia usaha yang mampu menghasilkan produk organik dan memiliki jaminan atas integritas, sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Karena, prinsip pertanian organik adalah bebas penggunaan bahan kimia dan tidak membahayakan bagi lingkungan serta bebas residu antibiotik.

Sementara itu, Deputy Director General of Danish Veterinary and Food Administration (DVFA), Per Krogsgaard Preisler Christiansen, menyampaikan akan mendukung dan fokus membangun susu organik nasional.

Harapannya, kerja sama ini juga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat mengkonsumsi produk organik.

“Terutama produk organik yang lebih sehat dan berkualitas sehingga menjadi peluang besar bagi pengembangan produk susu organik di Indonesia,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini