Ilabulo, Makanan Khas Para Raja dari Gorontalo untuk Berbuka Puasa

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas di bulan Ramadan. Salah satunya di Gorontalo yang punya menu favorit untuk berbuka puasa bernama Ilabulo. Kuliner berbahan utama tepung sagu ini sudah menjadi makanan tradisional khas Gorontalo yang melegenda.

Ilabulo merupakan sajian tepung sagu yang berisi campuran telur ayam, ati ampela, daging ayam dan sapi, lalu dibumbui rempah dan dibungkus daun pisang.

Setelah dibungkus lalu direbus dan bisa juga dibakar sesuai selera para penikmat kuliner. Maka tak heran jika makanan khas Gorontalo yang satu ini menjadi buruan para wisatawan dari luar daerah, apalagi saat Ramadan.

Tidak hanya itu, makanan ini juga menjadi menu buka puasa yang paling diminati oleh para pemburu kuliner saat menjelang buka puasa. Apalagi ditambah dengan kuah bugis yang menjadi pelengkap menu Ilbulo.

Meski nikmat dan menggugah selesa, satu porsi Ilabulo hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp1000-4000. Makin mantap isian Ilabulo, makin mahal pula harganya.

Berdasarkan legenda konon Ilabulo melambangkan sebuah kata “totobowata” yang artinya bersatu padu. Usut punya usut, makanan ini merupakan santapan khusus yang disajikan saat raja-raja sepakat menghentikan pertikaian dan memilih untuk berdamai.

Kini makan legendaris itu bisa ditemui disetiap sudut Kota Gorontalo, apalagi saat Ramadan seperti sekarang ini. Selain menjadi jajanan buka puasa, Ilabulo juga bisa menjadi oleh-oleh spesial dari Gorontalo, terlebih bagi mereka para pencinta kuliner Nusantara.

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini