Idul Adha Jatuh pada Hari Minggu, 10 Juli 2022

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah akhirnya menetapkan 1 Zulhijah 1443 Hijriyah jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022. Dengan penetapan awal Zulhijah itu, maka Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022.

”Sidang isbat telah mengambil kesepakatan bahwa tanggal 1 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada Jumat 1 Juli 2022,” ujar Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa’adi, usai memimpin Sidang Isbat (Penetapan) Awal Zulhijah, di Jakarta, Rabu 29 Juni 2022.

Ia menjelaskan, keputusan itu berdasarkan dari pantau hilal di 86 titik seluruh wilayah Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan rapat sidang isbat. Menurutnya, proses pengamatan hilal itu menjadi pertimbangan penting dalam sidang isbat.

”Dari 34 provinsi yang telah kita tempatkan pemantau hilal. Tidak ada satu pun dari mereka yang menyaksikan hilal,” katanya.

Sidang isbat yang digelar secara daring dan luring ini mulai dengan pemaparan posisi hilal oleh anggota tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, Thomas Djamaluddin.

Sidang isbat awal Zulhijah 1443 H di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag. Hadir  Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Jaidi, perwakilan Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta Duta Besar negara sahabat.

Hadir juga perwakilan Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Pimpinan Ormas Islam, serta Pondok Pesantren.

Muhammadiyah

Berbeda dengan pemerintah, Muhammadiyah tetap menetapkan Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha berdasarkan Hisab Hakiki Wujudul Hilal.

“Muhammadiyah telah menetapkan 1 Zulhijah 1443 H bertepatan dengan tanggal 30 Juni 2022,” ujar Sekretaris Jenderal PP Muhammadiyah, Abdul Mu’thi.

“Berdasarkan keputusan tersebut Idul Adha (10 Zulhijah 1443 H) akan jatuh pada hari Sabtu tanggal 9 Juli 2022,” katanya.

Abdul juga menjelaskan bahwa Hari Arafah atau 9 Zulhijah jatuh pada Jumat, 8 Juli 2022 Masehi. Dan ini jadwalnya sama dengan Arab Saudi. Jemaah haji akan menjalankan puncak ibadah haji yaitu wukuf di Arafah pada Jumat 8 Juli 2022.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini