Horor, Mumi Berusia 3.000 Tahun Mengeluarkan Suara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sejumlah ilmuwan dari Universitas of London berhasil membuat mumi berusia 3.000 tahun bersuara bernama Nesyamun.

Dikutip The New York Times, dengan bantuan saluran suara 3D yang dibuat mirip mulut dan tenggorokan Nesyamun dan dipindai melalui CT scan. “Suara yang keluar karena laringnya hidup kembali,” kata Ilmuwan David Howard.

Keberhasilan Howard dan tim itu diterbitkan melalui jurnal ilmiah berjudul Synthesis of a Vocal Sound from the 3,000 year old Mummy, Nesyamun ‘True of Voice’ dan diunggah di situs Nature.com.

Mumi Nesyamun mengeluarkan suara “ah” dan “eh” dan dua kata yaitu “bad” (buruk) dan “bed” (tempat tidur).

suara yang sudah disematkan aliran suara 3D. Lalu, dia menghubungkan pengeras suara itu ke komputer untuk membentuk gelombang elektronik. Aliran suara 3D berhasil membantu mumi mengeluarkan suara juga dikarenakan kondisi tenggorokan dan trakea yang masih dalam kondisi baik.

Selain itu, Howard dan tim berencana akan memodifikasi perangkat lunak komputer yang dipakai untuk mentransmisikan suara dari saluran suara 3D, untuk memperkirakan berapa ukuran dan pergerakan lidah serta posisi rahang Nesyamun.

Dilansir dari CNN, Nesyamun hidup di masa pemerintahan Ramses XI yang memerintah Mesir pada 1113 SM hingga 1085 SM. Nesyamun adalah pendeta di kuil Amun di kota Thebes (sekarang kota Luxor).

Nesyamun seorang ‘pendeta waab’, artinya ia telah mencapai tingkat pemurnian tertentu. Sehingga ia diperbolehkan mendekati patung Amun yang notabene adalah tempat paling suci di kuil.

Mumi Nesyamun merupakan pusaka paling penting karena satu-satunya mumi yang berasal pada periode pemerintahan Raja Ramses XI.

Peti mumi Nesyamun bisa memberikan pengetahuan tentang kehidupan sehari-hari dan keyakinannya. Analisis ilmiah tentang jenazahnya juga telah berkontribusi pada pengetahuan dengan cakupan luas tentang Mesir kuno.

Dilansir dari Leed List, Nesyamun berusia pada pertengahan usia 40 tahun. Ia dianggap sebagai pendeta besar. Kuil Amun di Luxor adalah bangunan untuk ibadah terbesar di dunia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada 2024 Kulon Progo: Gerindra dan PPP Pilih Mesra Menangkan Pemilihan November Mendatang

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dalam upaya memperkuat dukungan untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kulonprogo sepakat untuk berkoalisi.
- Advertisement -

Baca berita yang ini