Hong Kong Kembangkan Vaksin Covid-19 Lewat Hidung

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Beberapa negara terus berupaya untuk mengembangkan vaksin covid-19. Salah satunya negara Hong Kong yang mengembangkan vaksin corona yang disemprotkan melalui hidung.

Mengutip laman South China Morning Post, dalam sebuah penelitian terhadap tikus pada Agustus lalu, Diamond dan timnya menemukan bahwa pemberian vaksin eksperimental melalui hidung menciptakan respons kekebalan yang kuat di seluruh tubuh, pendekatan ini sangat efektif terutama di hidung dan saluran pernapasan guna mencegah infeksi agar tidak terus berlanjut.

Vaksin yang disemprotkan ke hidung atau dihirup mungkin memiliki manfaat praktis lainnya. Mereka tidak memerlukan jarum, mungkin tidak perlu disimpan dan dikirim pada suhu rendah dan dapat mengurangi kebutuhan petugas kesehatan untuk mengelolanya.

“Ketika Anda berpikir untuk mengirimkannya ke seluruh dunia, jika Anda merasa tidak mau disuntik, maka Anda akan lebih bersedia divaksin tanpa perlu disuntik karena tidak semua orang suka disuntik. Dan yang kedua, tingkat keahlian yang dibutuhkan untuk mengelola vaksin itu sangat berbeda,” jelas Lund, peneliti yang berbasis di Alabama.

Sebagian besar pengembang vaksin awal berfokus pada metode yang sudah dikenal yakni suntikan, yang selama ini dipandang sebagai cara tercepat untuk melindungi dunia dari penyakit.

Namun pembuat vaksin yang dihirup mengandalkan beberapa fitur unik dari paru-paru, hidung dan tenggorokan, yang dilapisi dengan mukosa. Jaringan ini mengandung protein kekebalan tingkat tinggi, disebut IgA yang akan memberikan perlindungan lebih baik terhadap virus pernapasan.

Mereka berteori bahwa hal tersebut dapat melindungi area yang lebih dalam di paru-paru tempat virus corona paling merusak, dan juga dapat meningkatkan peluang vaksin untuk memblokir penularan.

Altimmune, yang berbasis di Gaithersburg, Maryland, berencana untuk melakukan pengujian pada manusia dengan vaksin hidung pada kuartal keempat setelah penelitian positif pada tikus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini