Helikopter BNPB Jadi Tontonan Warga AS, Ini Sebabnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) mendatangkan helikopter angkut berat Chinook CH-47 dan Blackhawk UH-60 untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan. Proses pengangkutan CH-47 sempat menjadi tontonan warga di Bandara Internasional Billings Logan, Montana, Amerika Serikat minggu lalu.

Seperti dilihat Minggu 16 Agustus, CH-47D yang sudah ditempeli logo BNPB tersebut tampak utuh namun tanpa baling-baling di kedua rotornya.

Heli itu menjadi pusat perhatian warga karena pengangkutannya menggunakan pesawat kargo super raksasa buatan Rusia, Antonov AH-124 100.

Heli yang sudah dicopot baling-balingnya itu tampak dengan mudah di dorong masuk ke dalam badan Antonov dari depan pesawat raksasa tersebut.

Heli CH-47 tersebut menurut laporan indomiliter.com, awalnya digunakan untuk kepentingan angkatan darat Amerika Serikat (AS) dengan nomor registrasi 70-15008.

Mengutip helis.com, Chinook itu kemudian berganti nomor registrasi yaitu N303AJ setelah dibeli Billings Flying Service, perusahan charter di Montana.

Jika digunakan untuk misi water bombing mengatasi karhutla, ruang kargonya bakal disulap dengan dimuati internal water tank berkapasitas 2.800 galon air.

Selain Chinook, BPNB dikabarkan menyewa black hawk untuk keperluan yang sama yaitu memadamkan karhutla.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini