Hasil Survei Capres Usulan Kader PKS Mengerucut ke Anies Baswedan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setelah Nasdem, kali ini giliran Partai Keadilan Sejahtera mmengusulkan nama Anies Baswedan sebagai calon kuat dalam Pilpres 2024.

Anies termasuk dalam sejumlah nama tokoh yang masuk dalam bursa calon presiden (capres) jelang Rapat Pimpinan Nasional Partai Keadilan Sejahtera (Rapimnas PKS) bermunculan. Nama Anies Baswedan masih terlampau kuat di kalangan partai berbasis massa Islam tersebut.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman menyampaikan, dalam survei PKS di kalangan anggotanya, nama Anies muncul paling banyak. . Jumlahnya mencapai 60 persen. Selain itu, juga ada nama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

”Tetapi di bawah itu juga justru masih banyak memilih pak Prabowo. Kalo saya tidak salah angkanya sekitar di angka 20an. Kalau ke pak Anies sekitar 60an. Ada pak Sandi dan juga ada beberapa persen kecil ke pak Ganjar,” katanya, Senin 20 Juni 2022.

PKS enggan terburu-buru mengusung nama capres. Lantaran akan memanfaatkan forum rapimnas untuk mendengarkan dulu usulan para pengurus wilayah.

”Jadi kalau hasil survei menang menunjukkan bahwa banyak pemilih PKS itu cenderung kepada Pak Anies Baswedan, ini secara survei,” kata Sohibul.

Ia menyampaikan, dalam awal Rapimnas PKS ini memang belum menghasilkan keputusan apapun terkait Pilpres 2024.

Namun forum tersebut, nantinya akan dimanfaatkan agar para pengurus wilayah dan daerah partai untuk mengusul capres pilihanya masing-masing.

”Nanti dalam dua hari ini nanti akan ada sesi di mana panitia meminta usulan dari DPW dan DPD untuk menyampaikan, menurut mereka di daerah masing-masing itu kira-kira capres yang kondusif untuk memberikan coattail effect kepada PKS kira-kira siapa saja,” katanya.

Tak hanya soal capres, para pengurus wilayah dan daerah partai juga akan diminta mengusulkan partai mana yang akan kondusif diajak koalisi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini