Hari Jum’at, Mahfud MD Nasihati Dokter Indonesia Tidak Ceroboh Periksa Pasien

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Memulai hari Jum’at 26 Juli 2019, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menasehati dokter Indonesia yang disebutnya sering melakukan kecerobohan yang membahayakan.

Pernyataan tersebut berdasarkan pengalaman temannya Amarjit Sarma yang hampir saja meninggal dunia karena kecerobohan dokter Indonesia yang hanya memberinya obat lambung karena mengeluhkan rasa sakit di pundak dan dadanya sehingga sangat sulit berjalan.

Merasa tidak sembuh, menurut Mahfud Amarajit kembali lagi ke dokter yang sama beberapa hari kemudian dan tetap memberi obat yang sama. Hasilnya, lelaki paruh baya itu semakin merasakan kesakitan dan terus sakit.

Atas saran keluarganya akhirnya Amarajit memeriksakan diri ke sebuah rumah sakit di Kuala Lumpur. Dokter jantung yang memeriksanya sangat kaget karena 99 persen saluran jantungan sudah lengket dan harud dioperasi segera.

“Stlh itu dia sembuh, rasa sakitnya hilang, bs berjalan biasa, pulang ke Jkt dan ketemu sy di bandara KL, Senin 25 Juli 2019,” ujar Mahfud.

Berdasar pengalaman saya, keahlian dokter-dokter kita hebat-hebat, bahkan lebih hebat dari dokter-dokter di negeri jiran.

“Tp terkadang tdk cermat dan ceroboh, shg mendiagnosa sekedarnya lalu memberi obat. Apalagi bayaran dari BPJS kecil dan kadang dihutang. Pak Amarjit adl 1 contoh dari masalah itu,” begitu Mahfud melalui akun twitternya.

Maka dia meminta perhatian agar para dokter Indonesia benar-benar mengedapankan profesionalitas dan menjaga etika. Jangan meremehkan pasien karena terlalu sibuk melakukan presentasi di forum ilmiah atau terlalu banyak tempat berpraktik.

Mahfud juga meminta pemerintah meningkatkan kualitas BPJS Kesehatan. Hak-hak ekonomi dan profesional dokter hrs dijamin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini