Harga BBM di Indonesia Masih Lebih Murah dari Negara di Asia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Harga BBM di Indonesia masih lebih murah dari negara-negara Asia lainnya. Untuk BBM setara RON 92, Pertamax yang dijual ke konsumen dengan harga RP 14.500, di Vietnam sudah Rp14.944. Kemudian Filipina Rp17.988, Thailand Rp18.703 dan tertinggi ada di Singapura yaitu sampai Rp30.206.

Menurut Ketua Pusat Kajian Kebijakan Publik–Bisnis dan Industri ITS, Arman Hakim Nasution dengan harga yang lebih murah yang perlu ada kekhawatiran adalah terjadinya penyelundupan.

Arman mengingatkan bahwa Indonesia saat ini adalah net importer BBM di mana produksi minyak dalam negeri mengalami defisit alias tidak mencukupi untuk konsumsi. ”Produksi minyak kita hanya sekitar 510 ribu barel per hari. Dengan penduduk 270 jutaan dan konsumsinya sekitar 1,4 juta barel per hari. Bandingkan dengan Malaysia dalam hal ini Petronas yang produksinya mencapai 2,4 juta per barel. Dan penduduk hanya 30 juta jiwa,” kata Arman.

Mengenai gejolak yang timbul akibat penyesuaian harga BBM, Arman optimistis tidak akan berlarut-larut. ”Kemudian yang protes ke Pertamina itu harus ingat bahwa Pertamina ini hanya penyalur saja. Karena itu edukasi ke masyarakat jadi penting,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini