Gunung di Tonga Meletus Lagi, Terdeteksi Gelombang Besar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gunung bawah laut Hunga Tonga Hunga Ha’apai di Tonga meletus lagi. Terdeteksi pula sebuah gelombang besar usai letusan.

Meletusnya gunung tersebut terdeteksi stasiun pemantauan yang berada di Darwin, Australia, Senin 17 Januari 2022 pagi waktu setempat.

Pusat peringatan tsunami melaporkan, terdeteksi gelombang besar di daerah tersebut. Tapi, tidak ada gempa bumi signifikan yang terjadi usai letusan.

“Ini mungkin dari ledakan lain gunung berapi Tonga. Tidak ada gempa bumi dengan ukuran signifikan yang diketahui untuk menghasilkan gelombang ini,” bunyi pernyataan stasiun pemantauan tersebut.

Sebelumnya dilaporkan, kondisi Tonga diselimuti abu setebal2 sentimeter. Pembangkit listrik terpengaruh, sehingga komunikasi dengan masyarakat Tonga tidak bisa dilakukan karena jaringan telepon putus.

Bahkan telepon satelit pun tidak bisa lancar karena letusan gunung bawah laut yang berjarak beberapa puluh kilometer dari Tonga mengganggunya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini