Gubernur NTT Dorong Kopi Manggarai jadi Tuan Rumah di Tanah Sendiri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Selama ini, Indonesia terkenal sebagai negeri rempah-rempah. Merica, pala, cengkeh, dan kayu manis adalah sederet rempah-rempah yang paling dicari di bumi Nusantara.

Selain, rempah-rempah Indonesia juga ternyata negeri yang kaya akan beragam jenis kopi, beberapa jenis bahkan telah menembus pasar dunia. Salah satu wilayah penghasil kopi terbaik di Indonesia adalah Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk itu, Gubernur NTT, Victor B Laiskodat mendorong agar kopi Manggarai bisa mendunia, setidaknya menjadi tuan rumah di tanah sendiri.

“Kopi yang saya minum tadi itu enak sekali, dan saya bisa bilang kopi tersebut kelas premium,” ungkap Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Senin, 24 Mei 2021.

“Saya mau kopi kita yang premium, yang telah diakui sebagai kopi terbaik dunia pada tahun 2018, juga dipasarkan di destinasi super premium Labuan Bajo. Kopi kita selain enak, juga kaya akan cerita yang kuat, seperti cerita tentang asal muasal nama Kopi Juria, atau Kopi Robusta yang dikenal dalam bahasa setempat sebagai Kopi Tuang,” tuturnya.

Untuk mewujudkan harapannya tersebut, menjadi tuan rumah di tanah sendiri, Victor menyarankan agar hotel-hotel di wilayah Labuan Bajo –yang rajin didatangi oleh para wisatawan, menyediakan kopi Manggarai.

Terkait dengan harapan Gubernur NTT, Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina mengatakan bahwa BPOLBF akan bersinergi dengan berbagai pihak, mulai dari Pemprov, Pemkab, hingga pemerintah desa.

Ia juga memastikan bahwa BPOLBF akan berperan aktif termasuk pengembangan agrowisata kopi, menyusul ditetapkannya Colol sebagai desa wisata oleh SK Bupati Manggarai Timur. Shafa menambahkan, dibutukan dukungan dan kerja kolektif dari semua pihak untuk bergerak bersama menjadikan kopi Manggarai lebih dikenal.

“Kopi Manggarai, khususnya Colol yang memiliki narasi yang kuat, dan citarasa yang sudah mendunia, akan kita dorong dari sektor pariwisata, termasuk peningkatan kapasitas para pelaku yang bergerak di sektor ini,” kata Shafa.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini