Gokil! Merpati Laku Dijual Rp 1 Miliar oleh Pemiliknya, Apa Istimewanya?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Mungkin orang tidak percaya, bahwa ada merpati termahal di Indonesia. Merpati bernama Jayabaya milik Aristyo Setiawan ini tembus dijual seharga Rp 1 Miliar.

Harga itu sebanding dengan prestasi sang burung yang mentereng. Transaksi seekor merpati termahal di Indonesia ini berlangsung di Kota Bandung, Jumat 28 Juni 2019. Robby Eka Wijaya membeli Jayabaya dari tangan Aristyo Setiawan.

“Transaksi Jayabaya bukan setting-an. Memang nyatanya harganya segitu,” kata Ketua Penggemar Merpati Tinggi Indonesia (PMTI) Edhi Susanto Kusumadi, Selasa 2 Juli 2019.

Edhi mengakui kehebatan Jayabaya. Puncaknya, saat Jayabaya juara klasemen PMTI 2018. Jayabaya berhasil mengungguli ribuan merpati lainnya dengan mengumpulkan 160 poin.

Dalam satu tahun, PMTI dapat menggelar 22 kali perlombaan. Kontes dilaksanakan dua pekan sekali di beberapa tempat di Jawa Barat dan Jawa Tengah. “Memang (format lomba) PMTI itu dibuat kayak Motor GP, hitung poin. Jayabaya juaranya tahun 2018,” ujarnya.

Edhi mengungkapkan untuk menjadi juara kontes Merpati Tinggi Kolong Meja tidaklah mudah. Dibutuhkan burung ‘istimewa’ yang punya kecerdasan dan ketangkasan. “Tingkat kesulitannya jauh di kita, dibandingkan kolong bebas. Soalnya harus jatuh di atas meja. Kalau salah meja saja kalah,” katanya.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini