Flu Burung Melanda Bandung Barat, Ratusan Ternak Mati Mendadak

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ratusan unggas milik warga mati mendadak akibat flu burung yang melanda di Kabupaten Bandung Barat.

Menurut keterangan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dipernakan Bandung Barat, Wiwin Apriyanti, pihaknya mendapat laporan warga di Kecamatan Cihampelas, bahwa ada sekitar 100 ekor unggas milik mereka mati tiba-tiba pada akhir November 2020 lalu.

Wiwin menyebut, ratusan unggas itu baru dibeli para peternak dari luar daerah. Setelah mendapat laporan, pihaknya langsung melakukan tes terhadap hewan yang mati. Hasilnya, positif flu burung.

“Betul kita terima laporan kasus kematian unggas jenis ayam di Cihampelas, KBB. Kita pastikan penyebab kematiannya dengan rapid test, dan 99 persen positif flu burung (H5N1),” kata Wiwin, Kamis 3 Desember 2020, seperti dikutip dari Detikcom.

Ia berkata, jenis unggas yang positif flu burung itu adalah ayam kampung. Wiwin menjelaskan, virus ini sangat berbahaya karena dapat menular ke jenis unggas lainnya, apalagi jika terjadi kontak langsung.

Kasus flu burung di Cihampelas ini merupakan kasus ke dua. Kasus pertama terjadi di Cipeundeuy pada bulan Februari lalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Target Menang Pilkada, PPP Kota Jogja Gandeng Lima Parpol Bentuk Koalisi Besar

Mata Indonesia, Yogyakarta - DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Jogja telah memulai strategi mereka untuk menghadapi Pilkada 2024 yang akan digelar pada bulan November nanti. PPP berencana untuk membentuk koalisi dengan minimal lima partai untuk memenangkan Pilkada 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini