Erick Thohir: Rumah Dp 0 Persen Tak Mendidik Generasi Muda

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan kritik pedas terhadap sejumlah program uang muka pembelian rumah nol persen atau zero perfect dwon payment.

Menurutnya, program-program seperti itu tidak mendidik generasi muda agar memiliki rasa tanggung jawab.

“Saya tidak setuju DP nol persen, tidak mendidik generasi muda kita untuk menabung,” kata Erick di Jakarta, Selasa 28 Januari 2020.

Ia menjelaskan, seharusnya generasi muda dibiasakan untuk menabung dengan tanggungan bunga KPR beberapa persen, agar muncul tanggung jawab untuk menuntaskannya.

Di samping itu, Erick juga khawatir, program DP nol persen itu tidak tepat menyasar generasi muda, tapi dimonopoli oleh para pialang, atau trader untuk dijual kembali dengan harga yang lebih mahal.

Sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta meminta pemerintah daerah untuk mengawasi ketat agar tidak terjadi pengalihan kepemilikan supaya program rumah uang muka nol rupiah (DP Rp0) tepat sasaran.

Program DP nol rupiah adalah program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bertujuan memudahkan warga yang belum memiliki rumah untuk memiliki properti sendiri.

Program itu ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018. Syarat kepemilikan antara lain adalah yang tidak pernah menerima subsidi rumah dan berpenghasilan Rp 4 juta sampai Rp 7 juta serta prioritas untuk yang sudah menikah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini